Perusahaan Teknologi Indonesia Masuk Jajaran Metaverse 2022

Teknologi augmented reality (AR).
Sumber :
  • Instagram/@runsammie

VIVA – Perusahaan teknologi augmented reality atau AR asal Indonesia, yakni WIR Group belum lama ini masuk dalam daftar Metaverse Companies to Watch in 2022 versi Forbes GE. Daftar tersebut berisi perusahaan teknologi terkemuka seperti Apple, Microsoft, dan Facebook yang baru saja mengganti namanya menjadi Meta. 

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

WIR Group merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi digital reality, mulai dari artificial intelligence, augmented reality dan virtual reality di Asia Tenggara.

Nama WIR merupakan singkatan dari We Indonesians Rock, Rise and Rule, serta telah berdiri lebih dari 10 tahun dan memproduksi programming hingga inovasi teknologi AR ke lebih dari 20 negara.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Teknologi augmented reality.

Photo :
  • Dok: WIR Group

Perusahaan ini bisa meraih sukses, berkat bimbingan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika serta kemitraan dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Metaverse merupakan semesta kolaboratif yang menggabungkan interaksi manusia dengan avatar serta berbagai produk dan layanan antara dunia nyata, dengan dunia digital tanpa batas di mana semua bisa berlangsung secara simultan dan paralel.

“Metaverse ini walaupun merupakan semesta baru, tetap akan memengaruhi hajat hidup orang banyak di Indonesia, dan juga menggunakan sumber daya, konektivitas, dan semua elemen informatika di Indonesia,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate di Jakarta, dikutip Rabu 10 November 2021.

Sebagai perusahaan Indonesia yang telah memiliki lima paten global dalam AR dan terdaftar di nasional maupun PCT yang mencakup 153 negara, WIR diminta berpartisipasi oleh Kementerian Investasi/BKPM untuk mewakili Indonesia di ajang dunia, antara lain di side event World Economic Forum di Davos di tahun 2019 dan 2020.

“Kami turut serta membangun Metaverse dengan keahlian kami dalam pengembangan AR terkini, yang bisa menjawab kebutuhan Metaverse masa depan,” ungkap CEO dari WIR Group, Michael Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya