150 Ribu Titik Internet Berteknologi Satelit Bakal Hadir di RI

Ilustrasi internet satelit.
Sumber :
  • The Times

VIVA – Untuk mendukung akselerasi akses internet di Indonesia, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika terus membangun infrastruktur telekomunikasi di daerah-daerah prioritas melalui berbagai inisiatif.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Berbagai inisiatif yang dilakukan BAKTI Kominfo tercakup dalam empat layanan utama, yaitu Layanan Akses Internet, Penyediaan Base Transceiver Station (BTS), Palapa Ring, dan Satelit Multifungsi.

Inisiatif tersebut tampak dalam Program Merdeka Sinyal 2024, di mana mereka telah menjangkau 15.559 titik akses internet di kawasan 3T dan perbatasan, serta membangun 2.401 BTS dengan target 7.904 lokasi.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Bahkan, mereka juga merencanakan pembangunan kurang lebih 150.000 titik akses internet dengan teknologi satelit. Selanjutnya, Palapa Ring dan Satelit Multifungsi akan turut memberikan dampak signifikan bagi perluasan akses Internet di daerah 3T.

“BAKTI Kominfo telah mengimplementasikan 44 inisiatif ekosistem digital yang mencakup empat sektor yaitu pendidikan dan literasi digital, pariwisata, UKM, serta layanan kesehatan dan pemerintahan,” ujar Direktur Utama BAKTI Kominfo, Anang Latif melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 15 Maret 2022.

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Program tersebut meliputi pengembangan sumber daya manusia, khususnya guru di wilayah Indonesia Timur. Mereka bekerja sama dengan Ruangguru melalui Indonesia Teaching Fellowship, di wilayah Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

Pada sektor pariwisata dan UKM, BAKTI Kominfo membantu pengembangan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di wilayah 3T untuk mendukung pariwisata online dan pengembangan ekonomi digital di desa-desa.

Mereka telah memberikan layanan Internet di 463 kabupaten/kota di Indonesia, dan ke depan diharapkan akan semakin banyak wilayah yang terjangkau internet. Peran BAKTI tidak hanya diapresiasi oleh masyarakat lokal dan nasional, tetapi juga diakui oleh dunia internasional.

Hal ini terlihat dari nominasi yang berhasil didapatkan di ajang World Summit on the Information Society Prizes 2022, yakni forum internasional yang berada di bawah naungan International Telecommunication Union (ITU). Program BAKTI Kominfo berhasil masuk di empat kategori, yaitu AL C1, AL C4, AL C6, serta AL C7.

“Nominasi ini menunjukkan, bahwa program-program yang kami lakukan untuk memberikan akses internet kepada masyarakat tidak hanya mendapatkan apresiasi di masyarakat yang terdampak, tetapi juga diakui oleh dunia Internasional,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya