Deretan Fitur Baru di iOS 16

iOS 16.
Sumber :
  • iDrop News

VIVA – iOS 16 yang dirilis pada gelaran Worldwide Developer Conference atau WWDC 2022 menjadi ajang Apple dalam mengenalkan fitur-fitur baru. Berikut ulasannya.

Aktor Bollywood Hrithik Roshan Kritik Iklan Terbaru Apple

Lock Screen

Lock screen, dengan efek baru yang berlapis-lapis, subjek foto diatur secara artistik. Pengguna juga dapat mengubah tampilan tanggal dan waktu dengan tipe gaya ekspresif dan pilihan warna.

iPhone 15 Pro Max bikin Apple Bisa Bernafas Lega

Lock screen menampilkan widget mengambil inspirasi dari komplikasi Apple Watch yang memudahkan untuk mendapatkan informasi secara sekilas, seperti acara kalender mendatang, cuaca, tingkat baterai, alarm, zona waktu, aktivitas dering dan banyak lagi. Pengguna juga dapat menambahkan Layar Kunci dengan emoji atau kombinasi warna favorit.

Sedangkan Live Activity jadi fitur baru yang bisa membantu pengguna tetap mengetahui hal-hal yang terjadi secara real-time, seperti hasil pertandingan olahraga serta progres pesan antar makanan langsung dari Layar Terkunci.

Apple Plans to Launch Foldable Devices in 2025 and 2026

Notifikasi juga telah didesain ulang untuk di swipe dari bawah, memastikan bahwa pengguna memiliki pandangan yang jelas tentang Layar Kunci pribadi mereka.

Focus

Sederhananya, fitur ini mengizinkan pengguna untuk memilah aplikasi apa dan siapa saja dari daftar kontak yang bisa dihubungi.

Sesuai dengan namanya, tujuan dari fitur ini adalah untuk membantu pengguna supaya tetap fokus dengan pekerjaan yang lagi dikerjakan.

iCloud

Di iOS 16 pengguna bisa dengan mudah berbagi foto di iCloud. Bahkan pengguna bisa berbagi dan berkolaborasi untuk saling melengkapi foto di iCloud secara terpisah dengan enam pengguna sekaligus.

Pengguna dapat memilih untuk membagikan foto yang ada dari Gallery pribadi mereka, atau berbagi berdasarkan tanggal atau orang-orang di dalam foto.

Pengguna juga dapat memilih untuk mengirim foto ke Pustaka Bersama secara otomatis menggunakan sakelar baru di aplikasi kamera.

Selain itu, setiap pengguna di Pustaka Foto Bersama memiliki akses untuk menambah, menghapus, mengedit, atau memfavoritkan foto atau video yang dibagikan, yang akan muncul di Memori setiap pengguna sehingga setiap orang dapat melengkapi foto di momen keluarga supaya lebih lengkap.

iOS 16.

Photo :
  • CNET

Messages

Pengguna dapat mengedit pesan yang baru saja dikirim, memulihkan pesan yang baru dihapus, dan menandai percakapan dengan label belum dibaca sehingga mereka dapat mengirim ulang lagi nanti.

Selain itu, SharePlay akan hadir di Pesan yang memungkinkan pengguna menikmati konten yang disinkronkan seperti film atau lagu saat mengobrol di Pesan.

Live Text

Live Text dibuat menggunakan kecerdasan pada perangkat untuk menambahkan teks dalam gambar di seluruh iOS, dan kini di iOS 16 telah diperluas untuk menyertakan video.

Pengguna dapat menjeda video pada bingkai apa pun dan menambahkannya dengan teks. Live Text juga punya kemampuan untuk dengan cepat mengonversi mata uang, menerjemahkan teks, dan banyak lagi.

Visual Look Up memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengetuk dan menahan subjek gambar untuk mengangkatnya dari latar belakang dan menempatkannya di aplikasi seperti Pesan. Visual Look Up juga diperluas untuk mengenali burung, serangga, dan patung.

Apple Pay Later

Apple Pay Later memberi pengguna di AS cara yang aman untuk membagi biaya pembelian Apple Pay menjadi empat pembayaran yang sama yang tersebar selama enam minggu, tanpa bunga dan tanpa biaya apa pun.

Apple Wallet dirancang dengan mempertimbangkan kesehatan keuangan pengguna, Apple Pay Later memudahkan untuk melihat, melacak, dan transaksi pembayaran Apple Pay Later di dalam Wallet.

Pengguna dapat mengajukan Apple Pay Later saat mereka check out dengan Apple Pay, atau di Wallet. Kunci dan ID di Wallet terbaru membuat pengguna dapat menggunakan ID mereka untuk aplikasi yang memerlukan verifikasi identitas dan usia.

Untuk memastikan pengalaman pribadi dan aman, hanya informasi yang diperlukan yang diperlukan untuk transaksi yang akan diberikan ke aplikasi, dan pengguna dapat meninjau dan menyetujui untuk membagikannya menggunakan ID Wajah atau ID Sentuh.

Maps dan Passkeys

Pada aplikasi Maps, Apple juga turut memperkenalkan fitur multi stop routing yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan navigasi dengan hanya terbatas pada satu tujuan saja.

Melalui fitur baru ini nantinya pengguna dapat menambahkan titik tujuan dengan maksimal sebanyak 15 titik secara bersamaan.

Kemudian, fitur passkeys memperkenalkan metode baru untuk sign-in yang menggunakan end-to-end encryption yang aman dari pencurian dan pengelabuan data.

Perlindungan Data Diri

Apple memang menaruh perhatian yang sangat besar terhadap privasi dari para penggunanya. Pada iOS 16, Apple memperkenalkan tools baru yang diberi nama Safety Check, yakni sebuah bagian baru di pengaturan yang di mana pengguna bisa dengan cepat mengulas dan menghapus akses yang dibagikan ke orang lain.

Fitur ini akan memudahkan orang dalam kondisi mendesak untuk segera menghapus akses dari pelaku yang bersifat kasar.

Fitur ini akan menghentikan penyebaran lokasi pengguna ke yang lain melalui aplikasi FindMy, mereset perizinan privasi sistem untuk semua aplikasi, dan juga melindungi akses dari pesan pengguna dengan membantu keluar dari iCloud melalui perangkat yang lain.

Safety check juga akan membantu pengguna mengatur terkait dengan kepada siapa memberikan akses. iOS 16 akan tersedia dalam seri public beta pada Juli mendatang, dan akan secara resmi dirilis kepada pengguna baru pada musim gugur atau akhir September hingga Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya