Cara Mudah Memindahkan File dari Memori Internal ke Kartu SD

Ilustrasi SD card.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Memori ponsel atau penyimpanan internal yang penuh adalah hal yang sangat menyebalkan bukan? Pasalnya ini dapat menghambat kinerja ponsel saat kita menggunakannya. Contohnya ponsel akan lemot, cepat panas dan konsumsi batrai menjadi cukup boros alhasil kita harus meluangkan waktu lebih untuk menghapus atau memindahkan penyimpanan agar kinerja ponsel kembali.

Wanita Hamil Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading, Ponselnya Hilang

Untuk kamu pengguna Android tentu sudah tidak asing lagi dengan penggunaan kartu SD atau penyimpanan eksternal yang dapat ‘dicabut-pasang’ ke perangkat kamu sesuai kebutuhan. Umumnya ponsel Android telah dibekali dengan penyimpanan internal yang pada era sekarang sudah mencapai ratusan gigabyte (GB) sehingga penggunaan kartu SD sudah jarang diminati.

Lain halnya jika Android kamu memiliki ruang penyimpanan internal yang kecil, maka penggunaan kartu SD masih sangat dibutuhkan untuk menambah kapasitas penyimpanan. Apabila penyimpanan internal telah terisi penuh kamu dapat memanfaatkan kartu SD untuk menyimpan file pada ponsel Android, dan membuat penyimpanan internal kamu kembali kosong.

Anak di Bawah Umur Diduga Dicabuli Saudara di Cengkareng, Begini Modusnya

Nah, berikut ini VIVA telah merangkum cara memindahkan file dari penyimpanan internal ke kartu SD dengan mudah tanpa menyita banyak waktu dan membuat ponsel kembali pada kinerja awal.

Berikut adalah tahapan-tahapan yang dapat kamu lakukan jika ingin memindahkan file dari penyimpanan internal ke kartu SD:

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

1. Menggunakan kabel data

Tips Membeli Kabel Charger Smartphone Yang Baik

Photo :
  • U-Report

Cara ini umumnya sering dilakukan, dengan kabel data kamu dapat menghubungkan ruang penyimpanan yang ada di ponsel dengan komputer atau laptop sehingga proses transfer file dari penyimpanan internal ke kartu SD dapat kamu lakukan. Pastikan kabel USB tidak kendor dan berfungsi baik, karni jika kabel ini kendor maka akan sangat menyita waktu.

Berikut caranya:

  1. Siapkan USB
  2. Kemudian colokkan kabel tersebut ke masing-masing device
  3. Lalu tekan izinkan akses data, biasanya akan muncul di ponsel kamu setelah kabel data terhubung ke komputer. Lalu di menu File Explorer akan muncul penyimpanan ponselmu
  4. Pilih file yang ingin kamu pindahkan dari penyimpanan internal ke kartu SD
  5. Jika sudah, tekan Ctrl+A kemudian Ctrl+X pada file yang ingin kamu pindahkan ke kartu SD.
  6. Kemudian tekan Ctrl+V pada halaman kartu SD
  7. Tunggu beberapa saat maka file kamu telah berhasil dipindahkan.

2. Memindahkan langsung melalui ponsel

HP Samsung.

Photo :
  • Samsung

Untuk kamu yang tidak mau ribet membuka komputer atau laptop dan memasang kabel USB, kamu dapat melakukan cara ini untuk melakukan transfer data dari penyimpanan internal ke kartu SD. 

Berikut caranya:

  1. Pilih menu “Pengelola File” pada ponsel kamu
  2. Cari dan pilih file (gambar, video, audio dokumen, dll.) yang ingin dipindahkan ke kartu SD
  3. Pilih menu “Pindahkan”
  4. Pilih folder penyimpanan kartu SD
  5. Pilih kembali folder khusus apabila ada, untuk memindahkan file
  6. Jika sudah sesuai, ketuk tombol “Pindahkan ke sini”
  7. File anda selesai dipindahkan

Setelah kamu selesai menerapkan cara ini pastikan kamu cek ulang terkait file-file penting yang kamu miliki, apakah sudah semuanya tersalin, jika sudah kamu dapat menghapus Sebagian file-file tidak penting yang ada di penyimpanan internal agar kinerja ponsel semakin maksimal.

Pelaku kasus pembunuhan perempuan hamil di ruko Kelapa Gading, Agustami diketahui merampas ponsel korban sebelum kabur ke Lampung.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Hubungan antara korban dan pelaku adalah pasangan kekasih. Kondisi korban lagi hamil dan sudah jalin hubungan dengan pelaku selama tiga tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024