Adu Gengsi Ponsel Rp1 Jutaan, Pilih Realme C30 atau Redmi 10A?

Realme C30 Vs Redmi 10A.
Sumber :
  • 91brands

VIVA Tekno – Realme Indonesia baru saja mengumumkan kehadiran dari ponsel entry level Realme C30. Ponsel ini akan bersaing dengan Redmi 10A di mana keduanya memiliki kisaran harga Rp1 jutaan.

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Untuk mengetahui kehebatan dari masing-masing perangkat, simak informasi selengkapnya yang dikutip dari situs 91 Mobiles, Selasa, 5 Juli 2022:

Harga

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Realme C30 diumumkan dengan banderol harga Rp1,5 juta untuk RAM 2GB/ROM 32GB dan Rp1,7 juta untuk RAM 4GB/ROM 64GB. Penjualan perdana dimulai pada 15 Juli mendatang.

Sedangkan Redmi 10A yang launching pada Mei lalu dijual dengan harga Rp1,5 juta untuk RAM 3GB+32GB dan Rp1,6 juta varian RAM 3GB+64GB.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Desain, spesifikasi dan fitur

Realme C30 menampilkan desain belakang lurik yang ditambah dengan modul kamera sederhana di sisi kiri atas. Modul ini memiliki kamera belakang tunggal dan lampu kilat LED.

Desain lainnya termasuk lekukan takik dan bezel sisi bawah yang tebal pada layar depan. Tombol volume dan power ada di sebelah kanan.

Sayangnya, perangkat ini tidak mendapat sensor sidik jari. Varian warna yang diusung adalah Lake Blue, Denim Black dan Bamboo Green.

Sementara Redmi 10A mempunyai garis vertikal yang lebih halus di bagian belakang dan menawarkan varian warna Graphite Gray, Chrome Silver serta Sky Blue.

Modul kamera belakang terlihat seperti menampilkan kamera quad, namun faktanya itu hanya memiliki satu kamera yang berdampingan dengan sensor sidik jari.

Semua tombolnya ada di sebelah kanan. Perangkat memiliki bezel yang lebih tebal dibanding Realme.

Redmi 12A

Photo :
  • Dok. Xiaomi

Prosesor, RAM dan ROM

Realme C30 ditenagai oleh SoC octa-core Unisoc Tiger T612 dengan GPU terintegrasi Mali-G57. Ponsel mendapat varian RAM 2GB dan 3GB dengan ROM 32GB.

Ponsel mendukung standard penyimpanan UFS 2.2 dan memiliki slot kartu microSD khusus yang mendukung penyimpanan eksternal hingga 1TB.

Sedangkan Redmi 10A ditenagai oleh SoC octa-core Helio G25 MediaTek dengan grafis terintegrasi PowerVR GE8320. Perangkat ini mempunyai basis penyimpanan RAM 3GB dan ROM 32GB atau 64GB. Ini bahkan mendukung kartu microSD hingga 1TB.

Layar

Realme C30 memiliki layar IPS LCD 6,5 inchi dengan resolusi layar HD+ 1600 x 720 piksel, dan rasio aspek 20:9. Layar juga menawarkan kecerahan hingga 400 nits.

Sedangkan ponsel dari Xiaomi ini menawarkan layar IPS LCD 6,53 inchi yang hampir identik dengan pesaingnya.

Realme C30.

Photo :
  • Dok. Realme

Kamera

Dua pabrikan asal China ini hanya memberi kamera belakang tunggal. Realme C30 menawarkan kamera 8MP dengan artificial intelligence (AI), lampu kilat LED serta bukaan f/2.0. Ini juga dapat merekam video full HD 30fps. Untuk sisi depan memiliki sensor 5MP dan dapat merekam video HD 720p.

Redmi 10A menawarkan kamera belakang 13MP dengan bukaan f/2.2 dan perekaman video full HD 1080p. Kamera depannya juga menggunakan sensor 5MP namun menawarkan perekaman video depan full HD.

Baterai

Baik Realme C30 maupun Xiaomi Redmi 10A memiliki kapasitas baterai 5.000mAh dan tidak menawarkan dukungan untuk pengisian cepat.

Konektivitas

Kedua smartphone menawarkan konektivitas Wi-Fi, tetapi hanya mendukung pita 2.4GHz untuk konektivitas internet nirkabel.

Mereka juga menawarkan Bluetooth 5.0 untuk konektivitas nirkabel serta fitur port microUSB di bagian belakang. Kedua ponsel juga memiliki port audio 3.5mm untuk konektivitas audio kabel.

Berdasarkan spesifikasi di atas, Redmi 10A sedikit mengungguli Realme C30 dengan kamera belakang beresolusi lebih tinggi dan perekaman video depan full HD.

Namun, SoC T612 Unisoc diperkirakan memiliki kinerja yang sedikit lebih baik daripada Helio G25 pada Redmi 10A. Realme C30 juga menawarkan RAM lebih rendah daripada Redmi 10A.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya