8 Aplikasi Berbahaya di Android, Hapus Deh Daripada Nyesel

Aplikasi Android berbahaya.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Aplikasi yang tersedia di Google Play Store belum tentu 100 persen aman untuk diunduh. Sejumlah aplikasi rupanya berbahaya karena bisa mencuri data dan uang dari pengguna ponsel Android.

Mobil Baru Laku Keras Jelang Lebaran, Ini 10 Merek Paling Diminati

Ironisnya, beberapa aplikasi tampak tak mencurigakan dan berfungsi sesuai dengan kegunaan aplikasi. Bahkan ada aplikasi yang mendapat rating hingga 4,8 di Play Store dan telah diunduh sebanyak 1 juta kali.

Untung Google selaku pemilik Android bertindak cepat dalam memberantas sederet aplikasi ‘nakal’ tersebut. Berbagai aplikasi berbahaya sudah tak ditemukan lagi di Play Store.

Jangan Coba-coba Jual Laptop dan HP Tua kalau Tak Mau Menyesal

Tapi, kalau kamu masih meng-install aplikasi di bawah ini, segera hapus, ya! Dilansir VIVA Tekno dari Gadgets Now, berikut 8 aplikasi Android berbahaya dan segera harus di-uninstall.

Vlog Star Video Editor

Lindungi Diri Lewat Aplikasi

Aplikasi video editor ini bahkan telah diunduh lebih dari 1 juta kali di Play Store. Google telah menghapus aplikasi Vlog Star Video Editor lantaran keterlibatannya dalam pencurian data.

Creative 3D Launcher

Aplikasi jenis launcher ini yang membuat tampilan ponselmu menjadi 3D dan telah diunduh sebanyak 1 juta kali. Creative 3D Launcher hilang di Google Play Store karena dilaporkan menyimpan data pengguna.

Funny Camera

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memberikan berbagai filter kamera lucu untuk penggunanya. Telah diunduh lebih dari 500 ribu kali, Funny Camera dihapus dari Play Store sebab ia menggunakan pihak ketiga untuk mendeteksi gambar dan lokasi pengguna.

Wow Beauty Camera

Kali ini datang dari aplikasi filter kamera agar tampak lebih cantik. Wow Beauty Camera telah diunduh lebih dari 100 ribu kali di seluruh dunia. Namun aplikasi ini dianggap tidak aman terkait hal privasi.

Gift Emoji Keyboard

Peneliti asal Prancis bernama Maxime Ingrao memperingatkan untuk tidak menggunakan aplikasi ini demi keamanan data pribadi. Saat masih tersedia di Play Store, Gift Emoji Keyboard mencapai lebih dari 100 ribu kali unduhan.

Razer Keyboard & Theme

Aplikasi keyboard berbahaya lainnya yang diklaim dapat memberikan tampilan keyboard yang dipersonalisasi dengan emoji format GIF. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali.

Freeglow Camera 1.0.0

Aplikasi pemberi filter cantik untuk kamera ini juga termasuk salah satu yang masuk ke dalam aplikasi berbahaya versi Maxime Ingrao dan sudah diunduh lebih dari 5000 kali.

Coco Camera v1.1

Berfungsi untuk menambahkan efek retro ke gambar di ponselmu, aplikasi ini dihapus dari Play Store karena menyimpan data pengguna dan membagikannya kepada pembeli pihak ketiga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya