Acer Swift 3 OLED Bikin Mata Pengguna Sulit Berpaling

Acer Swift 3 OLED.
Sumber :
  • Acer

VIVA Tekno – Industri teknologi digital terus menunjukkan perkembangan baru yang semakin menarik. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya teknologi perangkat yang membantu pekerjaan sehari-hari.

Jangan Coba-coba Jual Laptop dan HP Tua kalau Tak Mau Menyesal

Berbagai fitur pun ditawarkan untuk memberi kemudahan dan kenyamanan pengguna. Salah satunya OLED atau Organic Light-Emitting Diode.

Teknologi ini banyak digunakan sebagai komponen penyusun layar monitor. Baik televisi hingga smartphone. OLED dapat memberikan tampilan cahaya yang memancar sendiri tanpa bantuan lampu latar.

Laptop Ini Bisa Bikin Nyaman Mata Pengguna

Selain mampu menampilkan cahaya sendiri, OLED juga memiliki beberapa keunggulan lain yang tidak kalah menarik. Mulai dari tampilan gambar yang lebih superior, rasio kontras yang tidak terbatas, hingga hemat daya atau energi.

Laptop AI dengan Standar Pentagon

Acer Swift 3 OLED.

Photo :
  • Acer/VIVA

Teknologi ini berbeda dengan layar lain seperti LCD, yang masih memerlukan cahaya terpisah di bagian belakang untuk menampilkan gambar.

Meskipun tidak semua penerapan OLED sama, tetapi teknologi yang menggunakan fitur OLED mempunyai konsep dasar yang sama, yaitu menggunakan bahan non-sintetis untuk menghasilkan cahaya.

Mulai dari smartphone, tablet, laptop, bahkan smartwatch yang saat ini sedang populer di masyarakat telah menggunakan OLED.

Bicara laptop, Acer memulai debutnya dengan meluncurkan Swift 3 OLED. Selain memiliki layar OLED yang jernih, laptop ini diklaim memiliki bodi yang slim dan ringan yang memudahkan untuk pengguna yang bekerja dengan mobilitas tinggi dan para profesional.

Performanya sudah menggunakan 12th Gen Intel® Core™ processors. VIVA Tekno berkesempatan untuk mengulas laptop Acer Swift 3 OLED ini:

Teknologi Ocean Glass

Acer menyediakan dua pilihan warna untuk Swift 3 OLED, yaitu Luxury Gold dan Steel Gray. Dimensi dari laptop ini berada di ketebalan 17,9 mm dengan bobot 1,4 kg. Hal ini menjadikan Acer Swift 3 OLED menjadi lebih mudah dibawa ke mana saja untuk bekerja.

Keyboard-nya dilengkapi dengan backlit sehingga bisa membantu dalam mengetik dalam gelap dan dilengkapi juga dengan fingerprint sehingga menjamin keamanan dari laptopnya.

Lalu, touchpad di laptop itu terbuat dari teknologi Ocean Glass – limbah plastik di area lautan sehingga ramah lingkungan. Touchpad ini pun sudah mendukung multi-gesture dan sudah dilengkapi dengan sertifikasi Microsoft Precision Touchpad.

Sistem pendingin Acer Swift 3 OLED ditenagai oleh heatpipe ganda jadi saluran masuk udaranya lebih terdistribusikan. Port dari laptop ini lengkap. Seperti terdapat port HDMI 2.1, jack audio 3,5 mm, dua port USB Type C, dan dua port USB 3.2 Gen 1.

Satu lagi. Webcam di laptop ini beresolusi 1080p, sehingga sangat tajam dan terang karena sudah dilengkapi dengan teknologi Temporal Noise Reduction (TNR) dan Fitur Acer PurifiedVoice untuk mengurangi kebisingan antara pengguna dengan pengguna lainnya dalam panggilan.

Dengan demikian, laptop ini cocok untuk pengguna yang sering melakukan rapat online maupun panggilan konferensi. Fitur untuk mengurangi kebisingan ini didukung dengan AI Noise Reduction.

Memanjakan mata

Dari namanya saja sudah ada embel-embel OLED. Artinya, layar menjadi unggulan dari laptop Acer Swift 3 OLED karena sudah menggunakan layar panel OLED. Kehadiran teknologi pada layar ini membuat perangkat tersebut menampilkan warna yang lebih cerah dengan akurasi tinggi.

Acer Swift 3 OLED memiliki layar OLED berukuran 14 inchi dan memiliki resolusi hingga WQXGA+ (2.880 x 2800 piksel). Layarnya memiliki cakupan warna akurasi tinggi 100% DCI-P.

Bezelnya dibuat tipis dengan screen body to ratio mencapai 92 persen. Layar Acer Swift 3 OLED juga sudah didukung refresh rate 90Hz dan response time 1ms untuk transisi gambar yang smooth.

Acer juga menyertakan fitur DisplayHDR™ True Black 500 dan tingkat kecerahan 500 nits yang akan membuat warna lebih hidup serupa dengan objek nyata.

Selain memberikan gambar yang memanjakan mata, layar OLED di laptop ini sudah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland EyeSafe yang menandakan layar memiliki kadar sinar biru (bluelight) yang aman untuk mata dalam penggunaan jangka panjang.

Berbagai aktivitas yang dilakukan di depan layar laptop ini terasa lebih nyaman. Mata terasa tidak cepat lelah, walaupun dipakai dalam durasi lama. Penggunaan layar OLED ini sangat memberikan perbedaan yang signifikan dibanding panel IPS.

Selain menggunakan teknologi layar OLED baru, Acer Swift 3 OLED juga ditenagai dengan prosesor Intel terbaru, apalagi kalau bukan 12th Gen Intel® Core™ processors. Unit laptop yang di-review ini menggunakan Intel® Core™ i5-12500H processor.

Prosesor ini sudah menggunakan arsitektur hybrid terbaru. Pada Intel® Core™ i5-12500H processor ini memiliki clock speed hingga 4.5 GHz. Performa grafiknya menggunakan Intel® Iris® Xe Graphics.

Kapasitas RAM yang dimiliki laptop ini adalah 16GB LPDDR5. Sementara media penyimpanannya sudah menggunakan SSD yang lebih cepat, dengan kapasitas 512GB. Acer Swift 3 OLED sudah mendapatkan sertifikasi Intel® Evo™ platform untuk laptop ultra-thin.

Artinya, perangkat ini sudah memberikan jaminan bahwa laptop berdesain tipis ini punya respons cepat, masa pakai baterai tahan lama, pengisian daya cepat, dan juga instant wake.

Kecepatan kipasnya bisa disesuaikan agar proses pendinginan bisa berjalan lebih optimal. Cukup tekan kombinasi tombol Fn+F, lalu bisa langsung atur kecepatan kipas.

Acer Swift 3 OLED generasi terbaru dilengkapi dengan konektivitas Intel® Killer™ WiFi 6E. Dengan fitur ini, pengguna bisa menikmati konektivitas internet yang lebih cepat dan optimal.

Desainnya yang simple dan ringkas membuat laptop ini mudah untuk dibawa ke mana saja. Layar OLED menjadi unggulan utama dari produk ini. Warna yang dihasilkan cerah dan nyata seperti warna aslinya.

Laptop Acer Swift 3 OLED resmi tersedia di Indonesia dengan dua varian. Varian Intel® Core™ i5 processor bisa didapat dengan harga Rp15,5 juta, dan varian lain yang menggunakan Intel® Core™ i7 processor senilai Rp18,5 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya