Syarat Buat Koneksi WiFi Bebas Lemot

Ilustrasi jaringan internet.
Sumber :
  • The Journal

VIVA Tekno - Terdapat peningkatan dari total waktu yang memfasilitasi masyarakat Indonesia untuk menonton video streaming , yang mencapai 140 persen pada tahun 2021 dan menjadi yang tertinggi di dunia.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Melalui video streaming , masyarakat dapat menonton apapun , baik itu acara TV, film, atau musik yang dapat dinikmati hanya dari rumah dengan menggunakan jaringan internet atau koneksi WiFi .

Namun untuk menikmati layanan streaming yang memuaskan, tentunya kita memerlukan koneksi WiFi yang memadai tanpa jeda atau lag. Untuk itu, sangat penting memahami jenis koneksi WiFi yang ideal.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

1. Memiliki kecepatan dan stabilitas koneksi yang baik

Ilustrasi kecepatan internet.

Photo :
  • Pixabay
Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Ketika menonton video streaming , penting untuk memiliki koneksi WiFi yang cepat dan stabil agar dapat menikmati konten berkualitas tinggi tanpa buffering yang mengganggu.

Untuk mencapai hal ini, pengguna dapat memilih teknologi WiFi CAT 6 untuk mendapatkan layanan internet broadband yang berkualitas serta dapat memberikan konektivitas WiFi yang cepat menghadirkan akses internet berkecepatan melebihi 200 Mbps.

Kemudian, WiFi dual band dengan perangkat router yang sudah menggunakan teknologi Multi User , Multiple Input, Multiple Output ( MU-MIMO ) dapat membantu mengakses koneksi yang lebih baik dan dapat terkoneksi dengan lebih banyak perangkat secara bersamaan.

Menurut data HighSpeedInternet.com, kecepatan yang direkomendasikan untuk streaming video YouTube dengan kualitas 4K (2160p) membutuhkan 20 Mbps. Oleh karena itu, pastikan kecepatan WiFi yang dimiliki sudah sesuai.

2. Jangkauan yang luas

Ilustrasi jaringan WiFi.

Photo :
  • pixabay

Koneksi WiFi yang memiliki jangkauan luas menjadi penting agar bisa melakukan video streaming di berbagai area rumah atau ruangan dengan nyaman. Untuk mendapatkan jangkauan yang luas, pastikan jaringan yang digunakan dilengkapi dengan fitur-fitur yang memadai.

3. Kapasitas bandwidth yang memadai

Ilustrasi koneksi WiFi

Photo :
  • www.pixabay.com/StockSnap


Koneksi WiFi dengan kapasitas bandwidth yang memadai merupakan faktor penting untuk kelancaran video streaming . Hal ini akan memungkinkan koneksi menangani beban pemutaran video dengan gambar berkualitas tinggi tanpa takut terjadi penurunan kualitas atau gangguan.

Pastikan untuk memilih WiFi dengan kapasitas bandwidth yang cukup besar, sehingga dapat menangani beban data yang tinggi.

4.Latensi rendah _

Ilustrasi mengakses internet

Photo :

Latensi merujuk pada besaran waktu yang diperlukan suatu data melakukan perjalanan dari perangkat pengirim ke perangkat penerima. Dalam konteks video streaming , latensi rendah menjadi penting untuk menjaga pengalaman menonton yang menyenangkan.

Salah satu upaya penyedia layanan internet dan telekomunikasi untuk memperpendek latensi melalui solusi Content Delivery Network (CDN), memungkinkan pengguna terhubung ke server yang lebih dekat secara letak sehingga memudahkan mereka mengakses beragam konten internet, termasuk untuk kebutuhan video streaming .

5. Terdapat Internet Unlimited

Ilustrasi internet.

Photo :
  • Pixabay


Data dari MakeUseOf.com menyebutkan, untuk streaming video di YouTube dengan resolusi yang tinggi, akan membutuhkan 3.04GB per jam untuk 1080p, bahkan sebesar 15.98GB per jam jika ingin menonton video dalam resolusi 4K.

Berlangganan paket data yang sesuai akan membuat pengguna bisa mendapatkan layanan streaming yang tidak lemot .

Untuk itu, penggunaan WiFi dengan paket internet unlimited sangat penting dalam video streaming . Dengan itu pengguna dapat menonton video streaming dalam kualitas tinggi, mengunduh file besar, dan berpartisipasi dalam sesi streaming yang lama tanpa khawatir kehabisan kuota.

First Media.

Photo :

Dalam keterangannya, Jumat, 4 Agustus 2023, First Media menggunakan teknologi WiFi CAT 6 untuk pengalaman dengan WiFi yang andal dan kecepatan yang mumpuni. Selain itu, terdapat juga internet unlimited , sehingga pengguna bisa menggunakan internet tanpa batasan kuota.

First Media juga berkomitmen untuk meningkatkan kualitas internet saat pelanggan mengakses konten-konten melalui upaya menghadirkan Content Delivery Network .
  
Dalam laporan Opensignal yang bertajuk 'Indonesia Fixed Broadband Experience ' First Media unggul dalam kategori
Broadband Video Experience .

“Ini merupakan salah satu kategori dalam laporan Opensignal yang menghitung tingkat kesuksesan dalam menghadirkan pengalaman streaming video yang positif kepada pelanggan,” kata Deputy Chief Marketing Officer PT Link Net Tbk, Santiwati Basuki .

fEUQiXDr4gs

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya