5 Hal yang Harus Diketahui Pengguna Android dari iPhone 15

iPhone 15.
Sumber :
  • Apple

VIVA Tekno – iPhone 15 series yang baru-baru ini diumumkan memiliki perubahan besar. Beberapa pembaruan ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pemilik iPhone, namun juga dapat berdampak besar maupun kecil di dunia Android.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Dikutip dari situs Android Police, Jumat, 15 September 2023, berikut adalah 5 perubahan besar iPhone yang harus diketahui pengguna Android.

Selamat tinggal port Lightning

Apple Bagi-bagi Undangan

USB-C pada iPhone.

Photo :
  • Apple

Perubahan dari port Lightning lama Apple ke USB-C sudah lama terjadi. Meskipun pertukaran tersebut belum merata ke seluruh produk Apple, penerapan port baru ini harus disambut baik oleh kedua sisi OS seluler. 

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Tentu saja, pengguna iPhone lama mungkin merasa frustrasi pada awalnya karena mereka diharuskan membeli kabel baru. Namun begitu rintangan ini teratasi, manfaat dari perubahan ini akan mudah untuk diapresiasi.

Standar USB-C saat ini ikut berkembang, bahkan melampaui port Lightning Apple dalam hal kecepatan transfer data dan pengisian daya.

Meskipun Apple tidak menentukan secara spesifik versi USB yang digunakan untuk iPhone 15 dan 15 Plus selama pengumuman, melihat lembar spesifikasi, itu adalah USB 2.0. 

Ini berarti kecepatan transfer data akan tetap sama, yaitu 480Mbs yang didukung oleh Lightning. Mengenai tingkat pengisian daya, perangkat akan terisi hingga 50 persen dalam waktu sekitar 30 menit dengan pengisi daya 20W atau lebih tinggi.

Namun untuk iPhone 15 Pro, pengguna akan mendapatkan suguhan hingga 10Gbps dengan USB 3.0. Hal ini memungkinkan pengisian daya lebih cepat daripada model iPhone 15 standar, tetapi Apple tidak menentukan berapa watt maksimumnya.

MagSafe

MagSafe.

Photo :
  • Apple

MagSafe ialah teknologi pengisian daya magnetis kesayangan Apple yang memulai debutnya di perangkat seluler dengan iPhone 12. 

Meskipun pengguna Android belum memiliki kompatibilitas resmi, banyak perusahaan aksesori menawarkan adaptor MagSafe, sehingga ponsel seperti Samsung Galaxy S23 juga dapat memanfaatkannya.

Dengan standar Qi2 yang pertama kali diumumkan di CES pada bulan Januari, status MagSafe berubah dengan cepat. Ponsel Android tidak hanya memiliki pengisian daya magnetis bawaannya, tetapi iPhone terbaru Apple juga akan mendukung standar tersebut.

Komunikasi satelit

Fitur panggilan darurat melalui satelit iPhone 14.

Photo :
  • Mac Rumors

Tahun lalu, Apple menghadirkan SOS Darurat melalui satelit ke seri iPhone 14 sehingga di mana pun user berada, jika mereka membutuhkan bantuan, maka mereka bisa mendapatkannya. 

Dengan diumumkannya seri iPhone 15, Apple telah menambahkan fitur baru ke layanan Roadside Assistance via Satellite, berkat kemitraan dengan AAA. 

Fitur ini membuka lebih banyak cara untuk memanfaatkan teknologi dan memungkinkan pengguna mengirim pesan ke AAA dari daftar pilihan sehingga bantuan dapat tiba di lokasi dengan alat yang tepat.

Dengan Apple yang terus meningkatkan fitur komunikasi satelit, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut benar-benar berinvestasi di dalamnya. 

Tombol action

iPhone 15 Pro.

Photo :
  • TechCrunch

Apple telah menghapus fitur yang sudah ada sejak iPhone pertama, tombol mute. Ini selalu memungkinkan pengguna iPhone dengan cepat mengalihkan ponsel mereka ke mode senyap atau menyalakan dering tanpa menyalakan layar. 

Meskipun fitur serupa telah tersedia di ponsel seperti OnePlus 11, fitur telah diabaikan oleh dunia ponsel pintar Android lainnya.

Tombol ini tidak sepenuhnya baru, karena pertama kali muncul di Apple Watch Ultra tahun lalu. Di iPhone 15 Pro dan Pro Max, tombol memungkinkan pengguna menekan lama untuk mengubah status dering ponsel.

Namun penekanan singkat dapat disesuaikan untuk meluncurkan rekaman suara, aplikasi tertentu, dan banyak lagi. Opsi penyesuaian tombol adalah yang paling mengejutkan, karena Apple tidak selalu memberikan kebebasan seperti itu kepada pengguna.

Titanium

iPhone 15 Pro Max.

Photo :
  • Apple

Ponsel pintar telah lama dibuat dengan aluminium sebagai rangkanya. Untuk perangkat yang lebih premium, biasanya konsumen akan mendapatkan baja tahan karat. 

Apple kini meningkatkan taruhannya dengan bingkai titanium untuk model iPhone 15 Pro. Titanium adalah bahan yang sangat rapi, karena sangat kuat namun jauh lebih ringan dari baja. Ditambah lagi warna naturalnya memiliki tampilan yang sangat keren dan unik.

Peralihan ke titanium bukanlah hal yang terlalu menarik, karena tidak menawarkan kasus penggunaan baru. Namun bahannya membuat ponsel tidak terlalu rumit untuk dipegang dan dibawa-bawa serta tahan terhadap kerusakan.

Mode isolasi suara

iPhone 15 Pro Max.

Photo :
  • Engadget

Terakhir, salah satu fitur yang tidak berfokus pada perangkat keras adalah peningkatan mode isolasi suara. Meskipun ini bukan fitur baru untuk iPhone, algoritma machine learning yang diperbarui semakin memprioritaskan suara pengguna saat melakukan panggilan. 

Saat diaktifkan, mode isolasi suara akan menghilangkan lebih banyak kebisingan latar belakang. Google juga memiliki fitur serupa, seperti pada Pixel 7 Pro yang disebut Clear Calling.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya