Tips Aman Bersihkan Layar Sentuh Gadget

Layar smartphone yang baru ditemukan
Sumber :
  • cellular-news.com

VIVA.co.id – Gawai yang kita pakai memang tidak lepas dari debu dan kotoran, apalagi jika tangan pengguna kerap berkeringat sehingga menimbulkan jejak di atas layar. Oleh karena itu dibutuhkan pembersihan yang hati-hati agar prosesnya tidak merusak gadget.

Layar Smartphone yang Retak Bisa Pulih dengan Sendirinya

Untuk memulai pembersihan layar sentuh gawai, anda harus mempersiapkan alat khusus. Yang utama adalah kain lap yang terbuat dari mikrofiber. Kain ini berbeda dengan kanebo yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Kanebo terbuat dari bahan polivinil asetat (PVA) sedangkan lap mikrofiber terbuat dari Polyester dan Nylon.

Jika tidak ada lap mikrofiber, bisa juga menggunakan kain berbahan katun. Gunakan bagian ujung dari katun tersebut untuk membersihkan.

Gorilla Glass Baru Bikin Smartphone Lebih Tangguh

1. Matikan layar gadget sebelum mulai membersihkan. Ada baiknya jika gadget dalam kondisi 'Matikan Daya'. Ini untuk mencegah tombol yang ada di gadget, baik virtual maupun tombol fisik, terpencet dengan tidak sengaja. 

2. Bersihkan layar terlebih dahulu dengan lap mikrofiber yang kering. Hal ini harus dilakukan untuk menghilangkan debu-debu kering yang ada di atasnya.
 
3. Meski sudah dibersihkan dalam keadaan lap kering, terkadang masih ada jejak tangan yang sulit terhapus, atau kotoran yang terlanjur mengering. Jika memang diperlukan, basahkan lap mikrofiber tersebut dengan sedikit cairan. 

Setelah Jokowi, Menlu China Wang Yi Temui Prabowo Subianto

Jangan gunakan air terlalu banyak. Lebih baik gunakan alkohol atau cairan khusus untuk membersihkan layar sentuh. Air yang berada di layar akan merusak fungsi sentuh.

4. Jangan membersihkan layar dengan cara menekan. Gerakkan kain dengan perlahan dan berpola memutari layar. 

5. Jika ada debu yang tertinggal masuk ke pinggir layar, terapit dengan bingkai, gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut, atau sikat blush-on yang biasa digunakan untuk make-up.

6. Usap kembali layar dengan kain lap mikrofiber kering sebagai sapuan terakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya