Cara Mengecas Smartphone yang Tepat

Ilustrasi baterai pada smartphone
Sumber :
  • www.pixabay.com/Rawpixel

VIVA – Masalah yang sering muncul ketika menggunakan smartphone adalah daya tahan baterai yang singkat. Tahukah Anda, yang membuat baterai smartphone 'soak' tak lain karena cara pengisian ulang baterai yang salah. 

Cepat Ganti Password Seperti Ini Sebelum Terlambat

Perusahaan penguji perangkat smartphone dan bateraiCadex, memberi tips agar baterai bisa panjang umur. Dikutip dari Business Insider, Rabu 3 Januari 2018, Cadex menulis tips tersebut di website Battery University.

1. Cas smartphone kapan pun saat perlu

Tips Mengatasi Baterai Ponsel yang Tak Bisa Diisi Penuh

Berulang kali mengecas ponsel tak jadi masalah. Namun disarankan kapan pun dan di mana pun ada kesempatan untuk mengecas, maka lakukan saja segera.

“Bahkan hanya beberapa menit saja (ngecas) tidak masalah, baterai akan baik-baik saja," tulis Cadex. 

Tips Perbaiki Ponsel Android yang Enggak Mau Ngecas

2. Jangan biarkan baterai benar-benar habis

Cadex mengingatkan, segeralah mengecas baterai smartphone Anda jika memang sudah kritis. Jangan biarkan dalam keadaan benar-benar habis baru mengisinya. 

Vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung, berulang-ulang mengingatkan hal yang sama, agar baterai smartphone bisa panjang umur. 

3. Jika baterai tinggal 65 Persen, segera cas

Sebaiknya mengecas dilakukan saat baterai perangkat tinggal 65 persen sampai 75 persen. Coba saja, Cadex menjamin usia baterai smartphone Anda akan panjang. 

Ilustrasi ponsel kehabisan baterai.

4. Jika tidak bisa, minimal baterai tinggal 45 persen

Isi ulang saat daya 65 persen kadang agak susah. Cadex memberikan alternatif mengecas juga saat daya 45 persen sampai 75 persen. 

Tapi, dalam kondisi kritis, Anda sebaiknya mengecas saat daya baterai tinggal 25 persen. Cadex menyebutkan, kerusakan pada baterai tidak terlalu signifikan jika dilakukan pola pengecasan demikian.

5. Cabut charger setelah baterai terisi 100 persen

Nah, ini yang sering terlewatkan oleh para pengguna smartphone. Pengguna sering membiarkan smarphone terisi semalaman. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya