3 Fitur Tersembunyi di iPhone, Seru Juga

Wakil Presiden Senior Apple Inc. untuk pemasaran global, Phil Schiller memperkenalkan iPhone X di Cupertino, California, AS, 12 September 2017.
Sumber :
  • REUTERS/Stephen Lam

VIVA – Para pengguna iPhone mungkin belum terlalu familiar dengan beberapa fitur yang ternyata ada di perangkat buatan Apple ini. Mulai dari screen recording, kostumisasi getar untuk kontak yang spesial, sampai mengambil foto dokumen agar hasilnya fokus dan merata. 

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Sejatinya cukup banyak fitur yang bisa digunakan di iPhone, hanya saja butuh waktu untuk mengopreknya lebih dalam lagi, untuk bisa mendapatkan fitur tersembunyi tersebut. Berikut kami pilihkan 3 hal yang dirasa cukup penting dan tidak dimiliki oleh smartphone lainnya:

1. Screen recording

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Fitur ini bisa merekam layar, namun hasilnya bukan berbentuk foto (screen capture), melainkan video. Jadi, semua hal yang dilakukan terhadap iPhone kita, bisa direkam dengan durasi sesuai keinginan.

Caranya cukup mudah. Masuk ke Pengaturan/Setting, lalu buka Control Centre dan Customize Controls. Pilih fitur Screen Recording dengan menekan tanda Plus di samping kiri fitur tersebut. 

Wanita Cantik Ini Mengaku Dirampok dan Disekap, Ternyata Iphone dan Perhiasannya Digadaikan

Kembalikan posisi layar ke Home, geser pada bagian bawah layar sehingga muncul Control Centre. Ikon Screen Recording telah berpindah ke Control Centre sehingga bisa langsung digunakan untuk merekam aktivitas pada layar.

Peluncuran iPhone 8 di AS

2. Custom vibrations

Fitur ini bermanfaat untuk membuat Anda tahu siapa yang menghubungi Anda. Dengan mengkustomisasi getar khusus untuk kontak tertentu, maka Anda bisa segera merespons teman yang menghubungi Anda. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke Kontak, lalu ketuk bagian Edit di pojok kanan atas, dan pilih Ringtones untuk memilih getaran untuk kontak tertentu. 

Kemudian pilih Vibration dan Create Vibration. Untuk menciptakan getaran ini, pengguna bisa sesuka hati menciptakannya. Getaran bisa berupa ketukan jari di layar atau sesuka pengguna. 

Saat proses pembuatan getaran ini, dibutuhkan beberapa saat. Akan ada penanda proses pembuatan getaran sudah selesai.

3. Foto merata dan fokus

Mengambil foto untuk dokumentasi memang penting. Tapi banyak tantangan dalam pengambilan foto, yakni bagaimana memastikan foto yang dibidik hasilnya fokus dan merata. 

Kondisi itu kadang agak susah didapatkan. Maka pada iOS 11 terdapat fitur dengan ikon +, akan membantu pengguna mendapatkan fokus yang merata. 

Cara untuk mendapatkan foto fokus dan merata di iPhone

Saat tanda + menunjukkan warna kuning sepenuhnya, itu berarti pengguna sudah tepat sudut pengambilan gambarnya. Langsung jepret saja. Jika pada tanda + masih terdapat warna putih, berarti pengguna belum mendapatkan fokus dan merata atas objek yang akan dibidik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya