Android P Tiru Tombol Navigasi iPhone X

Menikmati Fasilitas Face ID di iPhone X.
Sumber :
  • REUTERS/Peter Nicholls

VIVA – Google meluncurkan beberapa fitur baru dalam versi Android terbarunya. Salah satu fitur tampak sangat familiar atau mirip dengan fitur yang ada di iPhone X, yaitu tombol navigasi.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Menurut Vice President of Android Engineering, Dave Burke mengaku, sebagai bagian dari Android P, pihaknya memperkenalkan tombol navigasi baru yang telah dikerjakan selama lebih dari satu tahun.

"Tombol navigasi baru ini membuat multitasking di Android lebih mudah dimengerti oleh pengguna," ungkapnya, seperti dikutip TechCrunch, Rabu, 9 Mei 2018.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Namun, Burke membantah kalau tombol navigasi Android P meniru iPhone X. Pada Android P, tombol Home, Back dan Multitasking, dihilangkan.

Kendati demikian, Android menyisakan satu tombol yang bentuknya mirip pil yang letaknya di tengah bagian bawah layar.

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

"Jika Anda menggeser tombol itu ke atas maka keluarlah tampilan multitasking baru di aplikasi terbaru milik Anda. Anda juga bisa menggeser ke kiri dan kanan untuk memilih aplikasi yang dicari," jelas Burke.

Akan tetapi, tombol navigasi yang bisa digeser ke kanan dan kiri inilah dituding meniru teknologi iPhone X.

Burke mengatakan pengguna bisa mendapatkan Android P Beta untuk beberapa perangkat. "Untuk pengguna terakhir akan mendapatkan versi baru, namun harus menunggu dalam beberapa bulan mendatang," tuturnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya