Trik Gunakan Google Drive untuk Backup Data WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp
Sumber :
  • www.pixabay.com/MIH83

VIVA – Backup WhatsApp dikabarkan tak akan lagi memperhitungkan kuota penyimpanan dalam Google Drive. Nantinya backup yang lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis.

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

Maka itu, pengguna sebaiknya menghindari backup tersebut hilang sebelum 12 November 2018.

"Anda dapat backup chat Anda dan media ke Google Drive, jadi jika Anda mengganti ponsel Android, chat Anda dan media akan ikut ditransfer," ujar pihak WhatsApp.

Ada Android 15 bikin Fitur Ini bisa Digunakan untuk Melacak HP Mati

Terdapat beberapa cara untuk mem-backup hingga mengembalikan data yang ada. Dilansir laman WhatsApp FAQ, Minggu, 18 Agustus 2018, ada tujuh cara menggunakan Google Drive untuk mem-backup data WhatsApp. Apa saja? Berikut selengkapnya:

1. Pakai Wi-fi

Prof Koentjoro UGM Dikirimi Pesan Caci Maki Usai Kritik Demokrasi di Indonesia

Pihak WhatsApp memperingatkan pengguna untuk menggunakan Wi-fi saat sedang transfer data melalui Google Drive. Mereka menyatakan karena file cadangan akan memiliki variasi ukuran dan menyedot data internet yang bisa menyebabkan tambahan biaya bagi pengguna.

2. Aktifkan Akun Google dan Google Play

Pastikan bahwa akun Google dan Google Play aktif di ponsel. Layanan Google Play akan aktif pada Android 2.3.4. Selain itu juga memiliki free space pada ponsel untuk backup.

3. Membuat Google Drive Backup

Caranya pada aplikasi WhatsApp, buka menu lalu settings. Setelah klik chat pilih chat backup. Klik backup to Google Drive, yang nantinya akan ada pilihan seberapa lama sering untuk backup.

Pilih akun Google untuk back up chat history, jika akun tidak ada maka klik add account. Lalu klik backup over untuk memilih jaringan mana yang akan digunakan untuk backup.

4. Backup Manual

Backup juga bisa dijalankan secara manual. Tinggal jalankan hingga membuka chat backup. Setelah memilih chat backup pilih backup untuk memulai pada Google Drive. Proses ini akan membutuhkan beberapa waktu.

5. Memulihkan Data dari Backup Google Drive

Untuk mengembalikan cadangan, pengguna harus menggunakan nomor telepon dan akun Google yang sama saat backup. Lalu uninstall dan install kembali WhatsApp.

Setelah verifikasi nomor, akan diminta mengembalikan chat dan media dari Google Drive. Lalu pilih restore. Jika proses pemulihan selesai, klik next dan chat akan kembali lagi.

6. Konfigurasi Pengaturan Backup Google Drive

Untuk mengubah frekuensi backup pada Google Drive, buka WhatsApp lalu klik settings. Setelahnya pilih chats dan chat backup. Lalu klik Google Drive dan pilih frekuensi yang diinginkan.

Sedangkan untuk mengubah akun, lakukan hal yang sama hingga chat backup. Setelah itu klik akun dan pilih akun yang akan digunakan. Untuk mengubah koneksi, dari chat backup tinggal klik backup over, dan pilih jaringan yang dipilih.

7. Hapus Backup dari Google Drive

Jika menginginkan menghapus backup, buka web Google Drive dan masuk menggunakan akun Google. Pada mobile, klik ikon menu di sudut kiri atas lalu ketuk versi desktop.

Setelahnya klik ikon Gear di sudut kanan atas dan pilih settings, terakhir klik manage apps. Scroll hingga menemukan WhatsApp, tunggu hingga muncul 'hidden app data'. Lalu klik options dan pilih delete hidden app data, lalu terakhir pilih delete.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya