Pengguna WhatsApp di iOS Punya Fitur Baru, Bisa Endus Situs Palsu

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Aplikasi pesan instan WhatsApp melakukan pembaruan bagi pengguna iOS. Update ini membawa dua fitur baru yaitu Tab untuk Search for Status dan extension notification.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Dilansir dari Indian Express, Jumat, 7 September 2018, pelanggan WhatsApp iOS harus update ke versi 2.18.90 untuk mengakses dua fitur baru tersebut.

Untuk Tab Status akan bisa dijalankan pada perangkat dengan iOS 8 atau yang lebih tinggi. Pengguna bisa mencari kontak dalam pencarian status.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Dengan fitur ini, pengguna bisa melihat dengan cepat pembaruan status dari satu kontak secara spesifik. Sebelum ada di iOS, pembaruan ini sudah terlebih dahulu ada di Android.

Sementara itu, fitur ekstensi notifikasi membuat pengguna langsung melihat gambar dan juga GIF dari panel notifikasi.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna bisa menggunakan 3D Touch atau swipe atau geser ke kiri pada notifikasi untuk melihat gambar atau GIF.

Selain itu, bisa dengan klik View untuk melihat preview media dari notifikasi. Ada pula fitur lain, yaitu Suspicious Link Detection. Namun, fitur tersebut tidak disebutkan dalam pemberitahuan iOS resmi.

Akan tetapi, WhatsApp telah merilis laman FAQ untuk menjelaskan fitur ini. Suspicious Link Detection bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengendalikan sirkulasi link yang mengarahkan pada situs palsu.

WhatsApp menyatakan bahwa akan secara otomatis memeriksa link yang mencurigakan.

Ketika pengguna mengklik tautan yang ditandai sebagai link mencurigakan maka akan keluar dua pilihan, yakni membuka situs atau kembali ke aplikasi.

WhatsApp akan mengeluarkan pesan yaitu 'link ini berisi karakter yang tidak biasa. Kemungkinan akan tampil sebagai situs lain'.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya