Huawei Y7 Pro vs Realme 2, Mana Lebih Keren?

Huawei Y7 Pro.
Sumber :
  • Viva.co.id/Sarie

VIVA – Beberapa tahun lalu, dual kamera selalu menjadi fitur menarik bagi smartphone premium. Kini semua ponsel mid low atau yang bisa disebut budget phone, telah mengusung dual kamera. Beberapa di antaranya adalah Realme 2 dan Huawei Y7 Pro. Keduanya merupakan smartphone kekinian yang harganya lumayan terjangkau, plus dilengkapi dua kamera di bagian belakang.

Duel Xiaomi dan Huawei Memanas di Ranah Mobil Listrik

Dari segi performa, keduanya hampir sama.  Dipersenjatai dengan prosesor octa core 1.8 GHz Cortex A53, Qualcom Snapdragon 450 dan GPU Adreno 507, storage 32GB dan ROM 3GB. Sistem operasinya pun sama, mengusung Android Oreo 8.1.

Ukuran layar pun sama-sama sekitar 6,2 inci dengan teknologi IPS LCD. Walaupun dari sisi aspect ratio tak terlalu jauh berbeda. Jika Huawei Y7 Pro memiliki aspek rasio 19:5.9, Realme 2 adalah 19:9. Dari sisi layar, Realme terlihat lebih lebar dengan screen to boy ratio 80.85 persen. Namun begitu, resolusi layarnya masih sama, 720 x 1520 piksel. Walau dari sisi berat sama, sekitar 168 gram, Huawei Y7 Pro lebih tipis 1 milimeter karena Realme 2 memiliki ketipisan 8,2 mm.

Kembangkan Sistem Berkendara Canggih, Toyota Bakal Gandeng Huawei

Perbedaan antara keduanya memang tidak terlalu signifikan karena yang membedakan keduanya, jika dilihat dari kasat mata adalah desain bodi bagian belakang. Seperti yang pernah kami ungkap jika desain Huawei Y7 Pro lebih mirip dengan P20 Pro di bagian belakang. Inilah yang membedakan Y7 Pro dengan Realme 2 walaupun keduanya memiliki dua kamera di belakang dengan posisi yang berbeda, lengkap dengan LED Flash. Sedangkan di bagian depan, notch Realme 2 lebih lebar sedangkan Y7 Pro hanya mengusung desain notch dewdrop, satu titik untuk tempat kamera depan.

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Walau keduanya memiliki tata letak dual kamera yang berbeda namun mengusung resolusi yang sama. Kamera belakang dilengkapi dengan resolusi 13 MP dan 2 MP. Sedangkan untuk kamera depan, resolusi Huawei Y7 Pro dikisaran 16MP dengan bukaan lensa F1.8 dan Realme 2 hanya 8MP dengan bukaan lensa F2.2. Namun Realme 2 memiliki 2x Digital Zoom walaupun keduanya memiliki image resolution yang sama, 4128 x 3096 piksel.

Berikut beberapa foto perbandingan Huawei Y7 Pro dan Realme 2.

Sayangnya, Huawei Y7 Pro tidak memiliki sensor fingerprint, berbeda dengan Realme 2 yang memiliki sensor di bagian belakang. Namun buat apa fingerprint jika pun merasa sulit menggunakannya. Tokh, lebih baik menggunakan keamanan password atau PIN.

Baterainya pun berbeda. Jika Huawei Y7 Pro memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh, Realme 2 berkapasitas 4230 mAh. Namun, usai diuji coba, Huawei Y7 Pro memiliki daya tahan baterai yang lebih lama ketimbang Realme 2. Dalam kondisi stand by, percaya tidak percaya, Y7 Pro masih bisa aktif sampai hampir 4 hari.

Kedua smartphone ini menyasar anak muda, makanya desainnya dibuat semenarik mungkin, walau Huawei Y7 Pro terlihat lebih elegan dan premium. Anak-anak muda bisa mendapatkan smartphone Huawei Y7 Pro yang dilengkapi dengan fitur-fitur mumpuni tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Huawei Y7 Pro mulai dipasarkan tanggal 25 Januari 2019 jam 11.00 WIB secara eksklusif di Lazada dan dibanderol dengan harga kurang dari Rp2 juta, dengan penawaran menarik berupa potongan voucher Rp50.000 bagi 2.000 pembeli pertama. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya