Xiaomi Mi A2, Foto Malam Hari Juga Keren

Xiaomi Mi A2
Sumber :

VIVA – Tren kamera pada smartphone yang semakin meningkat rupanya akan terus berlanjut sampai tahun ini. Buktinya, sampai saat ini fokus vendor smartphone masih berkutat meningkatkan performa kamera untuk memenuhi hobi fotografi para penggunanya. Smartphone harga mahal belum tentu memiliki kualitas kamera yang mumpuni. Oleh karena itu wajib dijajal smartphone kelas menengah yang punya kekuatan kamera lumayan.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Viva.co.id baru saja menjajal smartphone terbaru besutanXiaomi, Mi A2.Sebuah kamera yang cukup mungil dalam genggaman namun mempunyai hasil foto yang cukup keren.

Layar 19:9
Mi A2 bisa dibilang enak digenggam. Hal ini dikarenakan bodinya yang cukup tipis, dengan dimensi 158.7 x 75.4 x 7.3 mm dan berat 166 gram. Saat dipegang dengan dua jari, sangat terasa ketipisannya. Bodinya juga cukup kokoh dengan balutan metal.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Bagian depan, layarnya dibentuk dengan rasio 19:9. Layar berukuran kurang dari 6 inci ini memang mengandalkan teknologi Full HD+ (dengan resolusi layar 2160x1080) karena memungkinkan untuk menampilkan lebih banyak ruang tanpa harus meningkatkan ukuran lebar layar. Kombinasi bodi metal dengan layar Full HD+ sepertinya baru diterapkan di Mi A2.

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Diskon Hingga Rp 800 Ribu, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Masih terdapat tombol virtual yang terdiri dari home, back dan background apps di bawah layar. Sedangkan di sudut atas layar terdapat kamera, lubang speaker dan lampu notifikasi. Beruntung tidak ada notch yang hanya membuat layar terpotong. FHD+ Mi A2 juga memiliki kekontrasan warna dengan rasio 1500:1.

Sisi kanan smartphone, disematkan tempat untuk dua sim card. Di slot ini tidak disediakan tempat untuk microSD atau tambahan storage. Jadi cukup mengandalkan memori internal Mi A2. Sedangkan di sisi seberang ada tombol volume dan power yang bersandingan. Di bagian atas tak ada lubang untuk kabel earphone karena sepertinya semua earphone juga sudah mengandalkan koneksi Bluetooth untuk terhubung dengan smartphone. Lalu di bagian bawah, selain ada lubang untuk mengisi daya (charger), di samping kanan kiri disematkan masing-masing enam lubang untuk mengeluarkan suara.

Nah, di bagian belakang sudah ada dua kamera dengan tambahan satu LED flash. Kedua kamera dan LED flash ini memang terlalu menyembul keluar, namun bisa jadi hal ini didesain untuk memudahkan tangan meraba bagian belakang smartphone tanpa harus membaliknya. Ini juga bisa menjadi ukuran untuk meraba keberadaan sensor fingerprint tanpa harus melongok ke belakang bodi Mi A2.

Oia, kebetulan Viva.co.id mendapat kesempatan untuk memegang Mi A2 berwarna hitam. Sebenarnya ada beberapa pilihan warna lainnya seperti Gold, Blue, Red dan Rose Gold.

Performa
Antutu menampilkan benchmark Mi A2 dengan skor cukup tinggi, yakni 132.534. Nilai ini dikarenakan Mi A2 menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 660 dengan pengolah grafis Qualcomm Adreno 512 GPU. Ini merupakan kelebihan Xiaomi dibanding smartphone lainnya. Harga smartphone terjangkau namun spesifikasinya tidak tanggung-tanggung. Tidak heran jika Mi A2 diklaim sebagai smartphone dengan performa tercepat di kelasnya.

Belum lagi kapasitas memorinya yang cukup besar. Inilah mengapa Mi A2 tidak diberi ruang untuk menyematkan MicroSD. Smartphone yang Viva.co.id pegang memiliki RAM sebesar 4GB dengan ROM 64GB .Namun sejatinya di pasaran, memorinya cukup beragam. Ada yang RAM 4GB dengan ROM 32GB atau RAM 6GB dengan ROM 128GB.

Dengan dapur pacu sebesar itu, menggunakan Mi A2 untuk bermain game tak akan disibukkan dengan lagging atau jeda setiap waktu. Bermain game cukup nyaman di Mi A2, terutama PUBG. Cukup atur default PUBG ke medium.

Untuk urusan sistem operasi, Mi A2 merupakan smartphone besutan Android One dengan keunggulan pembaruan sistem operasi Android terbaru yang dijamin oleh Google. Saat baru beberapa hari menggunakan Mi A2, sistem memerintahkan untukmelakukan update dan langsung menghadirkan OS Android 9 terbaru (Pie). Padahal sebelumnya hanya Android 8.1 Oreo.

Kamera
Mi A2 memiliki dua sensor kamera di bagian belakang. Satu kamera dengan resolusi 12MP f/1.75, sedangkan yang kedua 20MP dengan lebar bukaan lensa yang sama. Tepatnya Sony IMX486 sensor 12MP, 1.25µm, f/1.75 dan Sony IMX376 sensor 20MP, 2µm Super Pixel, f/1.75. Salah satu dari dua lensa itu diperuntukkan guna memaksimalkan foto malam hari atau saat kondisi kurang cahaya.

Proses pengoperasian kamera cukup mudah karena di atas layar ada menu langsung untuk mengatur flash, HDR dan live filter. Fungsi kamera juga bisa diubah hanya dengan melakukan sapuan layar menggunakan tangan, ke arah kanan maupun kiri. (Hasil foto selfie/kamera depan di bawah ini)

Kamera depan Mi A2 juga memiliki resolusi 20MP, tepatnya sensor Sony IMX376 dengan resolusi 20MP, f/2.2. Dilengkapi juga dengan artificial intelligent (AI) yang mampu secara otomatis menambahkan efek Beauty, termasuk menghilangkan noda di wajah. Tak hanya kamera belakang yang bisa mengambil foto malam hari, kamera depannya juga. Kamera depan Mi A2 mampu men-support pengambilan gambar di kondisi low-light & swafoto dengan teknologi AI. Dilengkapi pula dengan 4500k selfie-light. (Hasil foto night shot di bawah ini)

Diakui Mi A2 bisa diandalkan untuk memotret baik siang maupun malam hari, atau di kondisi minim cahaya, apalagi dengan bantuan LED Flash yang bisa membantu meningkatkan pencahayaan untuk objek jarak dekat. Sensornya mampu menangkap banyak detail, warna yang cukup akurat dan high dynamic range. Kamera depannya juga mampu mengambil foto selfie dengan layak. (Hasil foto kamera belakang)

Jadi tak perlu merogoh kocek cukup mahal untuk bisa menghasilkan foto yang keren, cukup pakai Xiaomi Mi A2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya