Realme 3 Pro Vs Vivo V15, Apalah Arti Kamera Pop-up

Realme 3 Pro Vs Vivo V15.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Siti Sarifah Alia

VIVA – Ponsel smartphone kelas menengah di Indonesia, terbilang gemuk. Hampir semua vendor smartphone memiliki jagoan masing-masing. Tak terkecuali bagi realme yang baru saja merilis realme 3 Pro ke pasar.

Kupas Tuntas 'Dynamic Button', Fitur Andalan Realme 12 5G

Realme 3 Pro adalah smartphone yang mengklaim dirinya sebagai flagship for young karena berbagai fitur unggulan yang dibawanya, seperti Nightscape dan VOOC 3.0 flash charge.

Namun, realme 3 Pro tidak akan leluasa bersaing. Di segmennya, realme 3 Pro akan bersaing dengan Vivo V15 yang memiliki kamera pop-up. Lantas, apa saja perbandingan antar keduanya?

Indonesia Peringkat 6 sebagai Negara yang Dibuntuti

Desain

Realme 3 Pro memiliki desain yang cukup mencolok. Dengan polesan warna gradasi yang indah, realme 3 Pro secara kreatif mengadopsi colorway gradient miring, solusi industri yang jarang digunakan dan sangat kontras dengan desain konvensional. Ada dua warna yang disediakan, Lightning Purple dan Nitro Blue.

Desain Ringkas dan Canggih, Begini Penampakan Kamera Digital Terbaru Fujifilm X100VI

Realme 3 Pro juga dilapisi oleh bingkai 3D, yang membuat tubuh realme 3 Pro menjadi lebih tipis dengan sentuhan yang lebih baik, bobot yang lebih ringan, dan ketahanan yang lebih baik.

Vivo V15 hadir dengan desain yang lebih sederhana, yakni dengan warna gradasi horizontal. Bodi belakang juga terasa lebih bulky ketika dipegang dibandingkkan realme 3 Pro. Hal itu membuat proses menggenggam tidak terlalu nyaman.

Display

Realme 3 Pro menggunakan layar layar dewdrop 6,3 inci, bezel lebar 1,55mm, serta rasio screen-to-body 90,8%. Dimensi layar yang lapang membuat konten multimedia akan terasa lebih imersif ketika dilihat oleh pengguna. Selain itu, layar dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5, lebih tahan lama daripada yang lain.

Di sisi lain, Vivo V15 menggunakan menggunakan layar berukuran 6,53 inci dengan kerapatan piksel 395 ppi. Layarnya juga sudah terlindungi oleh Gorilla Glass 5 untuk perlindungan ekstra.

Hasil jepretan malam Realme 3 Pro.

Kamera

Sektor fotografi menjadi poin penting karena kedua smartphone  sama-sama memiliki keunggulan. Realme 3 Pro menggunakan kamera utama 16MP (IMX519 1/2,6 inci) + kamera sekunder 5MP, dengan ukuran piksel tunggal kamera utama adalah 1.22um dan dengan aperture besar f/1.7.

Realme 3 Pro juga meningkatkan kemampuan pengambilan foto di malam hari. Dengan bantuan AI, sinergi multi-frame, dan algoritma anti-shake, mode Nightscape secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup.

Kamera belakang Vivo V15 terdiri dari lensa 12MP sebagai kamera utama, 8MP berupa kamera lensa lebar, dan 5MP untuk kamera kedalaman.

Baterai

Sektor baterai jelas menjadi keunggulan realme 3 Pro. Sebab, sudah terdapat teknologi pengisian daya VOOC 3.0 flash charge. Dibandingkan dengan pendekatan pengisian cepat bertegangan tinggi, VOOC 3.0  hanya membutuhkan satu transformasi tegangan pada adaptor.  

Sementara itu, Vivo didukung oleh baterai berkapasitas 4000 mAh yang bisa bertahan selama seharian.

Kesimpulan

Walaupun tampak sepadan, realme 3 Pro tampak lebih worth untuk dibeli. Dengan kemampuan Nightscape dan VOOC 3.0 membuat realme 3 Pro sebagai paket lengkap untuk konsumen dibandingkan Vivo V15. Realme 3 Pro juga hadir dengan harga lebih bersahabat, Rp 2.999.000 dan varian tertinggi 6GB+128GB dijual dengan harga Rp 3.699.000. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya