Review Realme XT, Suksesor X yang Bawa 64MP Quad Camera

Realme XT dengan Quad camera 64MP
Sumber :
  • Viva.co.id/Sarie

VIVA – Inilah smartphone yang sempat dipamerkan realme beberapa waktu yang lalu. Pada saat itu realme membanggakan sebuah smartphone dengan kamera utama beresolusi 64MP. Kini mereka telah mengumumkannya bahwa smartphone itu adalah realme XT. realme terus menelurkan produk baru, yang mana belum lama merilis realme 5 series. Kini dengan realme XT, mereka ingin membawa era baru kamera beresolusi sangat besar.

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Dijual dengan harga 3-4 jutaan, realme XT membawa spesifikasi lain yang menjanjikan sebagai ponsel mumpuni penerus kesuksesan realme X. Sebut saja dari sisi layar, prosesor, pengisian baterai, dan desain yang lebih premium.

Berikut adalah review kami mengenai smartphone tersebut, dan kesimpulan apakah realme XT layak untuk dimiliki.

3 HP Ini Perdana Pakai Snapdragon 7+ Gen 3

Desain Hiperbola

Realme, Redmi dan Xiaomi akan Memakai Snapdragon 8s Gen 3

realme XT masih membawa citra desain khasnya yang kali ini dinamakan desain hiperbola. realme juga memberikan material yang lebih premium. Tidak hanya bagian depan yang berlapis kaca, kini termasuk bagian belakangnya yang menggunakan Curved Glass 3D. Bahkan keduanya menggunakan kaca jenis Gorilla Glass 5 yang memiliki daya tahan lebih baik akan goresan atau retak jika terbentur.

Dari penampilannya mungkin penggunaan material kaca ini tidak membawa perubahan signifikan. Tapi dalam penggunaan sehari-hari, material kaca terutama di bagian belakang lebih mudah untuk dibersihkan, sekaligus lebih tahan goresan.

Meski demikian disarankan untuk tetap menggunakan aksesori case. Sebab bagian belakang smartphone memiliki bump kamera yang cukup tinggi, sehingga bagian itu akan menjadi area utama yang terbentur ketika smartphone ditaruh. Untungnya realme berbaik hati berikan aksesori softcase berwarna hitam transparan.

realme XT memberikan dua pilihan warna. Pertama adalah Pearl White dan kedua Pearl Blue. Untuk warna putih terlihat lebih premium dan berkelas, sedangkan warna biru terlihat lebih muda dan berkilau. Kilaunya ini dipantulkan oleh gradasi warna biru dan hijau secara mendatar, sedikit berbeda dengan yang sudah-sudah di mana gradasi terjadi secara vertikal.

Super AMOLED dengan In-display Fingeprint

Urusan layar, realme kembali berikan panel Super AMOLED setelah sebelumnya digunakan oleh realme X. Resolusinya FHD+, tapi realme XT memiliki poni sebagai tempat untuk kamera depan. Panel ini jelas memberikan tampilan dengan warna yang “punchy” dan hitam yang kelam. Kemampuannya dalam menampilkan tampilan di bawah sinar matahari juga tergolong baik.

Yang membuat panel ini spesial adalah adanya sensor in-display fingerprint. Pihak realme mengklaim bahwa sensor in-display fingerprint ini secara cepat dapat mendeteksi dalam waktu bawah 1 detik. Saat dites langsung memang sensor dapat secara cepat dan akurat membaca sidik jari. Tapi pengamanan face recognition terkadang lebih cepat dalam membuka kunci.

64MP Quad Camera Xpert

Ya, seperti yang dijelaskan di awal, realme XT menjadi smartphone dengan kamera utama 64MP. Tidak hanya itu, realme XT juga memiliki tiga kamera lain sebagai pembidik di segala adegan. Mereka adalah lensa ultra-wide angle, lensa portrait dan lensa ultra-macro.

Kamera ultra-wide angle memiliki bidang pandang 119 derajat yang memiliki besaran hingga 50% lebih luas dari ukuran normal. Kemampuan ini sangat berguna saat bertemu dengan adegan pemandangan atau foto grup. Hasil fotonya baik untuk standar foto wide angle, terlihat dari minimnya distorsi karena peran AI dalam mengoreksinya.

Kembali ke pembidik 64MP, sensor ini menjadi yang tertinggi yang pernah ada di kelas smartphone. Kamera utama realme XT memiliki ukuran sensor 1/1,72 inci jenis GW1 dari Samsung. Ukurannya 34 persen lebih besar dari sensor 48MP. Ada juga teknologi binning piksel cerdas 4-in-1, yang pada akan bekerja sedemikian rupa untuk mewujudkan hasil foto terang di lingkungan redup atau malam hari.

Bersama dengan teknologi ISOCELL, sensor 64MP GW1 menggunakan fitur piksel Tetracell 4-in-1 untuk menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel besar berukuran 1.6?m. Dalam mode bernama Ultra 64MP, dapat dihasilkan foto dengan resolusi 9216 x 6912 piksel. Fotonya terlihat detail meski disunting diperbesar beberapa kali. Hanya saja jika menggunakan mode photo regular, resolusi yang diberikan tidak sebesar itu, melainkan 16MP saja.

Kehadiran lensa ultra-macro turut menjadi hal menarik. Tidak banyak vendor yang menyediakan kamera dengan lensa seperti ini. Dengan adanya lensa ultra-macro memungkinkan untuk menemukan mengabadikan objek atau tekstur mikro dengan jarak pemotretan sedekat 4cm.

Performa Cepat Berkat Snapdragon 712

Untuk dapur pacu, spesifikasi realme XT diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE dengan prosesor Octa-core clock speed 2.3GHz dan GPU Adreno 616 yang dikombinasikan dengan pilihan RAM 4GB/8GB dan memori internal 128 GB yang masih bisa ditingkatkan denyan slot microSD hingga 256GB.

Sejatinya dengan pengaturan seperti itu, tentunya realme XT sangat mumpuni untuk multitasking dan diajak bermain mobile gaming. Smartphone ini juga dilengkapi GPU Adreno 616, dengan kinerja grafis dan efisiensi energi meningkat hingga 35 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE menggunakan teknologi proses FinFET 10nm yang secara efektif mengurangi konsumsi daya prosesor dan mencapai masa pakai baterai yang lebih lama.

Selama menggunakan realme XT, performanya terasa cepat dan smooth. Dengan RAM yang besar, smartphone ini mampu menahan beberapa aplikasi aktif dalam memori, sehingga memberikan pengalaman multitasking yang lancar.

Baterai isi cepat ala VOOC Flash Charge 3.0

realme XT membawa baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Tidak terlalu spesial, tapi yang membuatnya berbeda adalah keberadaan teknologi VOOC Flash Charge 3.0. Dengan adanya teknologi ini, pengisian daya baterai dari kondisi kosong ke penuh bisa tercapai dalam hitungan bawah 90 menit.

Dengan besaran tenaga mencapai 20 Watt, teknologi ini tidak membuat bodi ponsel panas seperti yang umum terjadi di teknologi pengisian daya cepat lain. realme turut mengklaim meski cepat tapi VOOC Flash Charge 3.0 aman untuk digunakan karena sistem keamanan yang berlapis.

Kesimpulan

Harga jual ala kelas menengah atau 3-4 jutaan dan resolusi kamera 64MP sudah mampu berikan daya tarik tersendiri ke realme XT. Belum lagi spesifikasi lainnya seperti panel layar Super AMOLED dengan sensor sidik jari tertanam, prosesor Snapdragon 712 yang sudah terkenal kemampuannya, dan teknologi VOOC Flash Charge 3.0. Bisa dibilang, realme XT adalah peningkatan yang cukup signifikan dari Kakaknya realme X yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia.

Melaluinya, realme seakan ingin memberikan bukti bahwa mereka terus memberikan peningkatan. Tidak hanya dari segi spesifikasi dan teknologi tapi juga dari sisi desain, khususnya material yang diberikan. Semoga saja ke depan realme dapat terus memberikan yang terbaik namun tetap dengan harga jual yang tidak menguras kantong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya