Review Acer ConceptD 5 Pro, Notebook Tangguh untuk Arsitek, Desainer

Acer ConceptD 5 Pro
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Menjadi seorang arsitek harus memiliki perangkat yang mendukung, terutama notebook. Namun tidak banyak perangkat yang kuat menampung hasil kerja para arsitek maupun desainer, apalagi 3D animator. Vendor asal Taiwan, Acer mengklaim telah membuat terobosan baru untuk memenuhi kebutuhan perangkat para arsitek maupun desainer lewat ConceptD.

Acer Gaspol Teknologi AI

Kebetulan, Viva.co.id mendapat kesempatan untuk menjajal notebook ConceptD 5 Pro. Jika dilihat dari desainnya, sudah pasti ini merupakan perangkat premium. Walaupun desain dan warnanya klasik namun sekilas bisa membedakan notebook ini dengan kompetitor lainnya.

Desain

4 Rekomendasi Komputer Tanpa CPU untuk Pekerja Kantoran hingga Content Creator

Bodi ConceptD 5 Pro terbuat dari sasis logam yang memberikan desain klasik  yang ideal untuk para creator agar dapat bekerja dimana saja. Ada juga keyboard amber backlit yang menarik untuk digunakan, sehingga bisa bekerja dalam kondisi gelap. Sasis ini sama dengan yang digunakan pada Acer Nitro 7, namun ini lebih bersih bahkan di cangkang atas tak ada ornamen apapun. Hanya tulisan ConceptD di sisi paling atas cangkang layar, itupun berwarna hitam sehingga terlihat samar. 

Jangan Coba-coba Menantang Laptop 'Perang'

Walau terbuat dari logam tebal, notebook ini terlihat cukup padat. Ada bekas potongan kecil di setiap sudut ConceptD 5 Pro. Logam tebal di bodi laptop memberikan kesan premium sekaligus kokoh, bisa digunakan untuk menampung file dan hasil karya berat sekalipun. Saat cangkang dibuka, ada tulisan ConceptD lagi di atas keyboard, serta bingkai alumunium di sekitar clickpad.

Berkat logam yang tebal itu, ConceptD 5 Pro terasa berat saat ditenteng. Wajar saja. Berat laptop ini bisa mencapai 2,5 kilogram. Selain itu, bodi tersebut sepertinya tidak bersahabat dengan tangan yang kerap berkeringat, karena akan menempel dan harus sering dibersihkan. Makanya, sudah sepantasnya laptop ini diberikan tas atau casing yang cocok, terbuat dari kain misalnya.

Namun begitu, bisa dirasakan ke-ergonomisan dari laptop ini, dengan sebagian besar port berjejer di tepi kiri, ada kaki karet di bagian bawah dan engsel kokoh, memungkinan untuk membuka dan menutup laptop dengan satu tangan. Saat terbuka, layar dan keyboard bisa bersandar dengan kemiringan 165 derajat.

Layout keyboard pada ConceptD 5 Pro memang sama dengan notebook lainnya, dengan ukuran masing-masing ruang huruf sekitar 15x15 milimeter, ditambah numpad (tombol angka) dengan ukuran lebih kecil lagi. Terdapat cahaya di bawah keyboard sehingga tampilan notebook ini terlihat makin elegan, perpaduan hitam dan cahaya merah yang seolah merayap ke luar tombol.

Layar

Ukuran layar 17 inci yang diusung ConceptD 5 Pro mampu memberikan ruang yang lebih besar dan kepuasan mata memandang untuk mengerjakan desain. Ini juga bisa memastikan reproduksi warna yang konsisten dengan gamut warna Adobe RGB 100 persen dan akurasi warna Delta E kurang dari 2.

Layarnya juga didukung teknologi UHD 4K dengan fitur koreksi warna yang telah terintegrasi dan unggul dalam mereproduksi Warna Pantone Matching System (PMS). Dengan menggunakan Adobe RGB 100 persen, warna akan lebih cerah dan lebih akurat karena memperluas rentang warna merah dan kuning. Gamut warna Adobe RGB mencakup rentang warna yang lebih luas daripada gamut sRGB.

Yang menarik, ConceptD 5 Pro memiliki kemampuan untuk membuat penggunanya fokus bekerja, tanpa gangguan suara. Bekerja tanpa gangguan suara dengan sistem termal yang dioptimalkan dengan Gen 3D Aeroblade Gen 4, dan telah beroperasi di bawah 40dBA. Angka ini setara dengan ketenangan pada ruang perpustakaan. ConceptD 5 Pro tidak akan mengganggu orang lain, meskipun CPU beroperasi dengan kapasitas penuh untuk menyelesaikan pekerjaan yang kompleks. Bahkan ketika CPU atau GPU berjalan pada kapasitas penuh. 

Berdasarkan uji internal Acer, diklaim tingkat kebisingan kipas ConceptD 5 Pro di bawah 40dbA. Suara kipas telah diuji dengan tolok ukur SPECviewperf 13.

Performa

ConceptD 5 Pro sangat unggul dalam hal mengedit, dan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah, dengan menggunakan prosesor Intel Core Gen 9. Hal ini mendukung hingga 54 persen lebih cepat mengedit video 4K, dan kinerja hingga 33 persen lebih cepat.

Lebih jelasnya, notebook ini memiliki dua SSD M.2 dengan dukungan untuk RAID0, serta slot HDD untuk penyimpanan, sementara grafisnya, Intel HD 630 iGPU terintegrasi dalam prosesor Core i7 - 9750H processor (12 MB Smart Cache, 2.6 GHz withTurbo Boost up to 4.5 GHz, DDR4). Didukung juga oleh Turing arsitektur, NVIDIA Quadro GPU terbaru yang digunakan dalam perangkat ConceptD dirancang untuk memberikan tingkat ketelitian tertinggi yang diperlukan untuk gambar dan rendering poligon sisi ganda dalam aplikasi rendering video CAD dan profesional. Sebagai kartu grafis profesional, Quadros telah dirancang untuk daya tahan yang lebih lama.

ConceptD 5 Pro juga memiliki banyak port, termasuk USB Type-C Gen 1 yang mendukung transfer data hingga 5 Gbps, dan dapat mengisi daya secara offline dengan salah satu port USB 3.1, dan port HDMI 2.0 dengan dukungan HDCP. Internet nirkabel juga lebih cepat dengan Intel Wi-Fi 61 dan Killer Ethernet1.

Tak ketinggalan webcam yang terintegrasi di cangkang atas, ujung layar. Bisa melakukan video conference. Resolusi kamera mencapai 1280 x 720, dan mampu merekam video 720p.

ConceptD 5 Pro memang ditujukan untuk para konten kreator atau arsitek. Laptop ini cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan membuat dan mengedit gambar dengan cepat dan lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya