Nekat Pasang Windows 11, PC Berpotensi Rusak

Windows 11
Sumber :
  • Dok.Microsoft

VIVA – Pengguna Windows 10 telah diberi peringatan, bahwa memutakhirkan perangkatnya ke sistem operasi Windows 11 pada mesin yang tidak didukung dapat 'merusak' perangkat mereka.

Tips Meningkatkan Level Bermain Game di Platform Steam

Pembaruan Windows 11 baru saja diluncurkan, yang membawa serta peningkatan terbesar ke OS ikonik Microsoft itu selama bertahun-tahun.

Pembaruan ini menambahkan Start Menu baru, tampilan visual yang sepenuhnya didesain ulang termasuk semua elemen UI, integrasi Microsoft Teams, proses pembaruan yang lebih baik, dan banyak lagi.

WhatsApp Web dan HP Android Punya 'Ikatan Batin'

komputer desktop

Photo :
  • U-Report

Siapa pun yang menjalankan perangkat Windows 10 bisa mendapatkan peningkatan Windows 11. Tetapi untuk menjalankannya jadi masalah lain.

Desain Lenovo ThinkStation P8 Terinspirasi Aston Martin

Ketika Windows 11 pertama kali diumumkan pada bulan Juni, ada beberapa pengguna yang melayangkan kritik karena spesifikasi minimum yang ditetapkan masih terlalu tinggi.

Setidaknya Microsoft 11 memerlukan prosesor Intel generasi ke-8 atau chip AMD Ryzen 2000. Perangkat juga harus mendukung TPM (Trusted Platform Module) 2.0 dan Secure Boot atau fitur keamanan yang biasanya hanya ditemukan pada perangkat lebih baru.

Microsoft mengumumkan bahwa mereka tidak akan memblokir PC lama dari peningkatan ke Windows 11. Jadi untuk menyiasatinya user bisa mengunduh file ISO melalui menu pembaruan Windows bawaan yang ditemukan di OS.

Namun, komputer lama yang menggunakan rute ini tidak akan bisa mendapatkan patch keamanan melalui sistem pembaruan Windows di masa mendatang, menurut laman Express, dikutip VIVA Tekno Sabtu 9 Oktober 2021.

Setelah Windows 11 resmi dirilis, Microsoft memperingatkan bahwa PC yang tidak didukung dan mencoba untuk meningkatkan OS dari Windows 10 ke Windows 11 bisa berakhir dengan 'kerusakan'.

Jadi jika Anda mencoba menginstal Windows 11 pada PC yang tidak didukung, Anda harus menandatangani perjanjian yang mengakui risiko terkait dari rute ini. Akan ada pesan pop-up yang menyapa pengguna Windows, memperingatkan kerusakan pada PC terjadi karena masalah kompatibilitas.

"PC ini tidak memenuhi persyaratan sistem minimum untuk menjalankan Windows 11. Menginstal Windows 11 pada PC ini tidak disarankan dan dapat mengakibatkan masalah ketidakcocokan. Jika Anda melanjutkan dengan menginstal Windows 11, PC Anda tidak akan lagi didukung dan tidak berhak menerima pembaruan," bunyi sebagian pesan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya