3 Cara Pake VPN dengan Mudah, Bisa Dipakai di Perangkat Lain

Cara pake VPN.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Cara pake VPN atau Virtual Private Network mungkin banyak dicari tahu oleh sebagian besar orang yang belum mengetahui apa itu vpn dan bagaimana menggunakannya. Mempelajari cara menggunakan VPN mungkin kelihatannya tampak seperti menakutkan jika kamu belum pernah menggunakan layanan ini sebelumnya.

Biaya Layanan Tokopedia Naik 9 Hari Lagi

Namun menggunakannya ternyata tidak sesulit apa yang dibayangkan dan bahkan jauh lebih mudah daripada yang kamu kira. Pada kali ini akan dibahas mengenai cara pake VPN yang bisa kamu ikuti yang dilansir dari Cyber News. Cara Ini tentu akan membantu kamu membuat pengalaman online menjadi lebih aman dan meningkatkan jumlah halaman yang dapat dikunjungi.

Cara pake VPN dengan 3 langkah sederhana

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

VPN (Virtual Private Networking)

Photo :
  • U-Report

Untuk mempelajari cara pake VPN ini kamu tidak perlu mengikuti kuliah atau membaca buku. Bahkan kamu juga tidak harus menjadi seorang ahli komputer. Seluruh pengaturannya dapat diselesaikan hanya dalam beberapa menit saja. Berikut ini cara pake VPN dalam beberapa langkah:

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

1. Memilih VPN yang tepat untuk perangkat

Jika kamu ingin mengetahui cara pake VPN, langkah pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah memilih layanan VPN yang tepat. Tepat yang dimaksud dalam arti VPN tersebut kompatibilitas dengan perangkatmu, fungsionalitas dan cepat. Pastikan juga untuk memeriksa daftar VPN terbaik agar kamu tidak salah pilih. 

2. Set up VPN

Apa pun jenis perangkat yang kamu gunakan, menyiapkan VPN harus menjadi hal yang mudah. Biasanya, kamu harus mengunduh aplikasi VPN terlebih dahulu melalui proses penginstalan dan kemudian barulah masuk ke aplikasi dengan membuat akun VPN kamu sendiri.

3. Pilih server

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk menggunakan VPN adalah memilih server sesuai dengan negara yang ingin kamu hubungkan. Kamu bisa menjelajahi daftar wilayah yang tersedia di VPN kamu dan pilih sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Menggunakan dan menyiapkan VPN

VPN.

Photo :
  • U-Report

1. Pilih VPN yang tepat

Pertama-tama, ingatlah bahwa meskipun fungsi utama VPN adalah menyembunyikan alamat IP asli kamu dan mengenkripsi lalu lintas internet, setiap VPN adalah unik.

Misalnya, satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah kecepatan. Jika kamu memiliki koneksi internet yang lambat, beberapa VPN mungkin benar-benar tidak dapat digunakan. Dalam kasus seperti ini, yang terbaik adalah memilih layanan VPN yang mendukung protokol tunneling WireGuard, yang akan membuat penurunan kecepatan menjadi paling tidak terlihat.

Selanjutnya, kamu harus memikirkan mengapa kamu mendapatkan VPN sejak awal. Apakah kamu ingin menonton konten Netflix yang diblokir secara geografis atau tetap anonim saat online? Selalu baca daftar fitur yang ditawarkan oleh VPN yang akan kamu pilih dan minati.

Terakhir, jangan lupa untuk memeriksa apakah VPN tersebut kompatibel dengan perangkatmu. Untungnya, sebagian besar layanan VPN menawarkan aplikasi untuk banyak sistem operasi yang berbeda, jadi menemukan VPN yang tepat untuk perangkatmu tidak akan menjadi masalah.

2. Bayar dan daftar

Sekarang saatnya membayar VPN yang sudah kamu pilih.. Biasanya, kamu akan ditawari banyak pilihan pembayaran yang berbeda, kartu kredit (VISA, Mastercard, American Express) menjadi yang paling umum.

Selain itu, beberapa VPN memungkinkan kamu membayar dengan PayPal, Google Pay, AmazonPay, UnionPay, WebMoney, GiroPay, dll. Layanan seperti NordVPN juga memungkinkan kamu membayar dengan mata uang kripto seperti Bitcoin atau Dogecoin, menambahkan lapisan anonimitas tambahan. Beberapa VPN (mis., Mullvad) bahkan memungkinkan kamu membayar tunai.

Mengapa perlu menggunakan VPN?

Ilustrasi menggunakan VPN.

Photo :
  • U-Report

Mencari tahu cara menggunakan VPN bisa sangat berguna. Berikut adalah alasan paling umum untuk mendapatkan layanan ini:

1. Tetap aman saat online

Jika kamu seorang pekerja lepas atau pengembara yang rajin, bekerja di bandara atau kafe mungkin menjadi bagian dari rutinitas harian kamu. Namun, biasanya wifi publik tidak dienkripsi, sehingga menjadikannya harta karun nyata bagi penjahat dunia maya yang bersembunyi untuk mencuri informasi pribadi. Dengan mengenkripsi data kamu, VPN akan melindungi perangkat kamu dari ancaman semacam itu.

2. Membuka blokir situs web

VPN akan membantu kamu mengatasi masalah seperti alamat IP yang terblokir atau tidak dapat mengakses platform media sosial kamu. VPN akan memberimu alamat IP lain agar bisa mengaksesnya. 

3. Melewati sensor

Bukan rahasia lagi bahwa negara-negara seperti China, Rusia, dan Mesir memiliki undang-undang sensor internet yang sangat ketat. Ini tidak hanya mempengaruhi penghuninya tetapi juga reporter dan pelancong. Berkat server yang dikaburkan beberapa layanan VPN akan dapat melewati sensor ini.

4. Menonton konten yang diblokir 

Pernahkah kamu merasa frustrasi karena Netflix kamu tidak memiliki film atau acara tertentu yang tersedia di wilayah lain di dunia? Jangan khawatir, VPN mungkin dapat memperbaikinya. Dengan memberi kamu alamat IP dari negara lain.

Bisakah menggunakan VPN di perangkat lain?

Ilustrasi VPN.

Photo :
  • Twitter/@htvirtualsol

Apa pun jenis perangkat yang kamu gunakan, kemungkinan besar kamu dapat mengaturnya dengan VPN. Itu karena sebagian besar layanan VPN menawarkan aplikasi khusus untuk sistem operasi Windows, Mac, Linux, Android dan iOS. Dengan kata lain, VPN pilihan kamu harus berfungsi sempurna di desktop dan perangkat seluler.

Sekarang, jika kamu cenderung menggunakan banyak perangkat secara bersamaan, kamu harus mempertimbangkan untuk mendapatkan VPN yang memungkinkan beberapa koneksi simultan. Biasanya kamu akan mendapatkan lima akses dari VPN, namun beberapa VPN (seperti Surfshark) tidak membatasi jumlah koneksi simultan sama sekali.

Ada juga kemungkinan untuk menginstal VPN langsung ke router kamu. Dengan cara ini, semua perangkat yang terhubung ke router akan menggunakan koneksi VPN – bahkan perangkat yang tidak mendukung VPN sendiri. Beberapa VPN router membuat proses instalasi lebih mudah dengan menawarkan firmware router khusus kepadamu.

Terakhir, beberapa penyedia VPN membantu kamu meningkatkan pengalaman streaming dengan memungkinkan kamu menonton konten yang diblokir secara geografis di TV pintar dan konsol game. Ini dilakukan dengan bantuan SmartDNS.

Itulah penjelasan mengenai cara pake VPN yang bisa kamu ketahui dan ikuti langkah-langkahnya dengan saksama agar berjalan dengan lancar. Jangan lupa untuk memilih VPN yang tepat dan kompatibel dengan perangkatmu. Semoga tulisan cara pake VPN ini dapat membantu bagi kamu yang membutuhkannya. 

Kemenkominfo mengadakan Talkshow

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan talkshow chip in “Etika Pelajar di Dunia Digital” dalam rangka meningkatkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024