Ternyata Ini Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi smartphone atau ponsel pintar.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Seiring berjalannya waktu kinerja sebuah perangkat elektronik akan melambat karena seringnya pemakaian, termasuk HP. Ketika kinerja HP sudah lambat alias lemot, untuk membuka perintah sederhana seperti memutar video, mengetik, dan melakukan pencarian saja membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Situasi tersebut sering membuat pemilik HP emosi dan sebagai pemilik tentu harus mengetahui di mana letak penyebab HP menjadi lemot.

Tapi tenang, masalah HP yang lemot bisa diamankan dan bukan dengan mengganti HP baru. Simak penyebab HP lemot dan cara mengatasinya di bawah ini.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Menjalankan terlalu banyak aplikasi 

Aplikasi di handphone

Photo :
  • havehalalwilltravel.com
Daftar Harga HP Oppo per 12 April 2024

Seperti halnya manusia, melakukan terlalu banyak kegiatan bakal membuat badan lebih cepat lelah. Kondisi ini berlaku pula di HP. Membuka terlalu banyak aplikasi pada waktu yang bersamaan akan membuat HP tidak dapat bekerja dengan optimal. Cara mengatasinya yaitu tutup aplikasi yang sedang kamu tidak gunakan atau setelah selesai digunakan.

Ruang penyimpanan (storage) yang sedikit

ilustrasi ponsel.

Photo :

Storage HP yang sedikit otomatis akan mempersempit ‘ruang gerak’ aplikasi untuk berjalan dengan lancar. Solusi untuk HP yang hanya memiliki sedikit ruang penyimpanan dengan cara menghapus aplikasi yang tidak terpakai atau menghapus cache pada aplikasi dan browser

Cache sendiri merupakan proses yang digunakan aplikasi dan browser untuk menyimpan informasi yang pernah diakses.

Menggunakan sistem operasi yang ketinggalan zaman

Sistem Operasi Android 12.

Photo :
  • ZDNet

Sudah sejatinya perangkat elektronik dengan sistem operasi kerap menghadirkan pembaruan demi kelancaran kinerja dan fitur yang lebih canggih. Jika menggunakan HP dengan sistem operasi jadul, HP akan lambat karena sudah tidak kompatibel dengan berbagai aplikasi baru. 

Maka dari itu, pastikan sistem operasi di HP sudah yang terbaru. Pada umumnya sebuah notifikasi akan muncul kalau ada pembaruan sistem operasi, cukup buka notifikasi tersebut lalu unduh. Sebaiknya gunakan wifi saat mengunduh agar sistem operasi bisa terunduh dengan sempurna.

Baterai HP rusak atau sudah tua

Ngecas baterai HP atau ponsel.

Photo :
  • Pixabay

Bersamaan dengan sistem operasi, baterai HP yang menua juga bisa memperlambat kinerja HP. Situasi ini disebabkan daya pada HP tidak seoptimal saat baru sehingga dapat terkuras terlalu cepat, otomatis aplikasi atau perintah tidak berjalan dengan lancar. Untuk mengatasi pemborosan pada baterai HP, ganti dengan baterai yang baru atau gunakan mode daya hemat. 

Badan HP terlalu panas

Perempuan lagi mengecek smartphone atau ponsel pintar.

Photo :
  • The Guardian

Menggunakan HP dalam waktu yang lama dan menjalankan aplikasi berat akan menaikan suhu HP. Dalam kondisi ini secara otomatis HP akan melambatkan kinerjanya agar tidak mengalami panas berlebih alias overheat. Agar HP-mu tidak panas, beri jeda pada penggunaan HP dan letakkan HP di permukaan yang sejuk.

Peluncuran Produk Always On

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Seiring dengan hal tersebut, permintaan akan perangkat yang mendukung gaya hidup yang aktif dan produktif semakin meningkat.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024