6 Cara Uninstal Aplikasi di PC atau Laptop dengan Mudah dan Aman

Windows 7 Control Panel.
Sumber :
  • windowsvienna.com

VIVA – Cara uninstal aplikasi di PC atau laptop tentu saja harus diketahui oleh semua orang, terutama yang kesehariannya memakai perangkat elektronik tersebut. Sama seperti di ponsel, aplikasi yang tidak penting di laptop bila terlalu banyak akan mengakibatkan performa laptop yang tidak stabil. Sebab itu, kamu harus mengetahui cara uninstal aplikasi di PC. Secara umum, proses uninstall aplikasi yang tidak penting di laptop ini harus dilakukan secara berkala. 

Permudah Layanan Perusahaan KITE, Bea Cukai Banten Luncurkan SIAP KABAN

Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa laptop mempunyai batas penyimpanan yang terbatas. Apalagi aplikasi-aplikasi yang ada di laptop akan terus meminta untuk diperbarui setiap beberapa bulan atau satu tahun sekali. Pembaruan ini tentu saja akan menyita beberapa ruang penyimpanan di laptop kamu. Maka dari itu, melakukan uninstall aplikasi yang tidak perlu akan memberikan manfaat, seperti menambah ruang pada HDD serta meningkatkan performa. 

Apalagi dalam keseharian, kamu pasti akan mengunduh sebuah aplikasi yang mungkin ukurannya cukup besar. Sehingga kamu harus menghapus terlebih dahulu beberapa aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan dan hanya memakan ruang saja serta membuat kinerja laptop kamu menjadi lambat atau berat. Nah, berikut ulasan tentang cara uninstal aplikasi di PC yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

1. Cara Uninstal Aplikasi di PC Melalui Start Menu

Opsi Run As Administrator untuk Windows 10 terkadang sering tidak berfungsi, dan untuk mengatasinya kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Photo :
  • U-Report
Jangan Coba-coba Jual Laptop dan HP Tua kalau Tak Mau Menyesal

 Menu start merupakan sebuah fitur yang ada dalam sistem operasi Windows yang menyediakan akses secara cepat untuk menuju berbagai program, folder, dan juga pengaturan sistem. Dalam Windows 10 sendiri, kamu bisa dengan mudah menguninstall aplikasi dengan mengklik tombol Windows di sebelah kiri bawah taskbar yang ada di layar PC. 

Selain itu, kamu juga bisa menekan tombol Windows yang ada di keyboard untuk membuka menu start. Setelah kamu membuka menu start, pilih aplikasi yang akan dihapus kemudian klik kanan dan pilih Uninstall. Tunggu beberapa saat sampai proses uninstall selesai dilakukan. 

2. Cara Uninstal Aplikasi di PC Melalui Control Panel

Windows 7 Control Panel.

Photo :
  • windowsvienna.com

Control panel adalah sebuah komponen yang ada di dalam Microsoft Windows yang berisi tentang fasilitas-fasilitas untuk melihat dan mengatur pengaturan sistem. Untuk menguninstal aplikasi menggunakan control panel, kamu harus membukanya terlebih dahulu. Ada beberapa cara seperti dengan fitur search & cortana, klik tombol Windows + X atau Windows + R. 

Setelah control panel terbuka, pilih Uninstall a Program yang yang biasanya berada di paling bawah. Kemudian pilih aplikasi yang akan diuninstall dan klik kanan kemudian pilih opsi Uninstall. Tunggu beberapa saat sampai proses uninstall selesai. 

3. Cara Uninstal Aplikasi di PC Melalui Settings

Windows 11.

Photo :
  • Microsoft

Selain dengan menggunakan kedua cara di atas, kamu juga bisa memakai Settings sebagai salah satu cara untuk uninstal aplikasi di PC yang ada di Windows. Langkah pertama kamu harus membuka settings dengan melalui beberapa cara. Cara pertama adalah klik menu start dan ikon setting, fitur search dan cortana, klik tombol Windows + I, atau Windows + X. 

Setelah jendela settings terbuka, pilih menu Apps. Dilanjutkan dengan memilih opsi Apps & features. Setelah jendela terbuka, pilih dan klik aplikasi yang akan di uninstall kemudian pilih tombol Uninstall. Tunggu dan ikuti hingga proses uninstall selesai dilakukan. 

4. Cara Uninstal Aplikasi di PC Melalui dengan Revo Uninstaller

Windows Update.

Photo :
  • U-Report

Masih ada cara lain untuk uninstal aplikasi di Windows dengan Revo Uninstaller. Perlu kamu ketahui bahwa saat menghapus aplikasi dengan ketiga cara atas, biasanya registry aplikasi masih tertinggal. Bila dibiarkan akan terus menumpuk yang mengakibatkan kinerja sistem semakin berat. 

Nah, untuk membersihkan sampai ke akarnya, kamu harus menggunakan Revo Uninstaller. Pertama kamu harus mengunduh aplikasi tersebut. Setelah berhasil, instal aplikasi ini di laptop atau PC dan buka aplikasi tersebut. Secara langsung, kamu akan dihadapkan dengan deretan aplikasi di PC. Untuk menghapusnya, ada beberapa cara yang bisa diikuti. 

Langkah pertama adalah pilih aplikasi yang akan dihapus kemudian pilih ikon Uninstall yang ada di menu atas. Namun, kamu juga bisa pilih aplikasi yang akan dihapus, klik kanan kemudian pilih opsi Uninstall atau bisa juga dengan pilih aplikasi yang akan dihapus dengan double click pada aplikasi tersebut. 

Langkah berikutnya adalah Scanning Mode, pilih Advanced supaya Revo Uninstaller dapat bekerja ke dalam sistem dengan lebih baik. Kemudian pilih Scan. Kemudian pilih jendela proses dan tunggu sampai selesai. Terakhir, aplikasi ini akan mencari file yang masih tertinggal. Kamu hanya perlu mencentang file yang ditemukan untuk menghapusnya dan klik delete

5. Cara Uninstal Aplikasi di PC Melalui Aplikasi CCleaner

Logo Windows 8.1

Photo :
  • microsoft.com

Selain memakai aplikasi di atas, kamu juga bisa mencoba memakai aplikasi CCleaner. Tentu saja kamu harus mengunduh dan instal terlebih dahulu aplikasi tersebut. Setelah di instal, kamu bisa memakai CCleaner untuk menghapus aplikasi. Langkah pertama buka aplikasi tersebut, klik Cleaner, pilih aplikasi yang akan dihapus, klik tombol analisis, klik Run Cleaner dan klik OK. 

6. Cara Uninstal Aplikasi di PC Melalui Aplikasi IObit Uninstaller

Windows 11.

Photo :
  • Microsoft

Sama dengan kedua aplikasi di atas, IObit Uninstaller untuk menggnakannya harus diunduh dan instal terlebih dahulu. Cara memakainya adalah dengan membuka aplikasi tersebut yang sudah ada di laptop kamu, kemudian pilih Windows Apps untuk memilih aplikasi yang akan dihapus, dan klik Uninstall. 

WhatsApp.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Apple dikabarkan telah menghapus beberapa platform komunikasi populer dari App Store di China, atas permintaan pemerintah Tiongkok. Salah satu aplikasinya adalah Whatsapp

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024