Acer Nitro 5: Selalu Menarik Perhatian Para Gamer

Acer Nitro 5.
Acer Nitro 5.
Sumber :
  • Dok. Acer

VIVA Tekno – Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan pesat kreator dan gamer menunjukkan adanya kesempatan tak terbatas bagi mereka yang mengejar mimpi, baik sebagai pekerjaan tetap maupun paruh waktu.

Sistem tenaga kerja bebas akan mengalami peningkatan pada tahun ini, khususnya di kalangan generasi Z dan milenial.

Baru-baru ini, Bank Dunia memperkirakan angka pekerja bebas (gig workers) di wilayah Asia Tenggara mencapai 150 juta orang dan masih terus bertumbuh.

Ditambah lagi, semakin banyak generasi Z dan milenial yang bermain game, dengan 53 persen gamer Indonesia menyatakan bermain game membantu mereka untuk mengurangi stres.

Kreator dan gamer memerlukan perangkat yang lebih menarik dan inovatif untuk memfasilitasi mereka berkolaborasi dan bermain game dengan lebih mudah dengan gamer lainnya, serta menunjang aktivitas mereka ke tingkatan berikutnya.

Maraknya tren gaming dan eSports, maka tak lepas juga dari perangkat-perangkat gaming canggih yang siap mendukung gamer menunjukkan kebolehan mereka.

Hal ini pula yang ‘memecut’ vendor PC begitu aktif menghadirkan perangkat gaming berteknologi canggih dari berbagai segmen.

Salah satunya Acer. Raksasa teknologi Taiwan itu menyediakan perangkat gaming untuk seluruh tipe pengguna. Mulai dari casual gamer hingga hardcore gamer.

Dengan kekuatan yang dimiliki sebuah perangkat gaming, tentunya perangkat ini merupakan pilihan tepat bagi pengguna dengan kebutuhan multimedia tinggi, seperti graphic designer, video producer, atau content creator.

Untuk casual gamer dan content creator, Acer menghadirkan Nitro 5.

Pembaruan performa

Nitro 5 telah diperkenalkan secara resmi untuk pengguna di Indonesia. Acer memperkenalkan laptop gaming generasi terbarunya ini dengan sejumlah pembaruan. Salah satunya 12th Generation Intel® Core™ Processors yang tugasnya mengurus performa laptop.

Menyasar segmen casual gamer, Nitro 5 sudah pasti dijejali dengan spesifikasi yang harusnya sangat mendukung aktivitas gaming.

Pada seri terbarunya ini, Nitro 5 mempercayakan urusan performanya pada Intel® Core™ i7-12700H Processor, yang merupakan salah satu lineup 12th Generation Intel® Core™ Processors.

Dibuat dengan arsitektur hybrid terbaru, prosesor ini menjanjikan performa yang lebih optimal dibanding pendahulunya.

Menjelaskan sedikit apa yang dimaksud dengan arsitektur hybrid, Intel membuat prosesor ini terbagi ke dalam dua inti, yakni performance core (P Core) dan efficiency core (E Core).

Pada Intel® Core™ i7-12700H Processor ini total terdapat 14 core yang dibagi menjadi 6 P Core dan 8 E Core. Sementara thread-nya berjumlah 20 dan cache yang mencapai 24MB.

Frekuensi tertinggi P Core mencapai 4.70GHz, sementara E Core menembus 3.50GHz. Arsitektur hybrid ini memungkinkan prosesor membagi task di laptop agar berjalan lebih optimal.

Jika sedang bermain game, prosesor akan langsung mengandalkan kinerja dari P Core. Sedangkan sejumlah task yang berjalan di background akan tetap berjalan di E core, sehingga keduanya tidak saling mengganggu.

Kehebatan Intel® Core™ i7-12700H Processor ini turut ditopang dengan kartu grafis yang tak kalah sangar, yakni NVIDIA GeForce RTX 3060. GPU ini dibuat dengan arsitektur Ampere generasi ke-2 dan mendukung ray tracing.

Internet stabil

Acer Nitro 5.

Acer Nitro 5.

Photo :
  • Dok. Acer

Kebutuhan grafis untuk game tentu dapat diakomodir dengan baik. Apalagi tersedianya dukungan ray tracing menghasilkan pencahayaan yang lebih realistis dalam game.

Salah satu game yang sudah dicoba adalah Cyberpunk 2077, yang mana bisa sangat memuaskan jika dimainkan di Nitro 5.

Melengkapi prosesor dan kartu grafis, Acer juga menggunakan RAM DDR4 32GB, dan memori internal SSD 1TB serta HDD 1TB, sedangkan untuk sistem operasinya sudah menjalankan Windows 11.

Keuntungan lain yang didapat ketika memboyong laptop gaming ini adalah pengguna memperoleh bonus aplikasi Office Home & Student 2021 yang langsung bisa digunakan secara cuma-cuma tanpa mengeluarkan biaya. Nice, bukan?

Banyak dari kalangan gamer pastinya juga bermain game online. Pastinya bakal akan jengkel jika lagi bermain game online di jaringan yang lag.

Nah, untuk memberikan pengalaman gaming yang maksimal dan minim lag, Acer memberikan sejumlah fitur pendukung berupa Intel Killer E2600 Ethernet Controller, Intel Killer Wi-Fi 6 AX1650i, dan Killer DoubleShot Pro.

Sejumlah fitur ini akan membuat kerja internet ketika bermain game mampu berjalan lebih optimal. Internet akan dijaga agar lebih stabil dan latensi tetap rendah.

Fitur Killer DoubleShot Pro misalnya, secara pintar dapat memprioritaskan jaringan internet untuk bermain game dibanding aplikasi lainnya. Sehingga aliran internet ke game lebih maksimal dan tidak terganggu dengan aplikasi lain.

Audio juga menjadi salah satu elemen yang dibutuhkan oleh gamer. Banyak game-game yang bersifat kompetitif menjadikan audio sebagai sebuah bagian penting, seperti bisa mengetahui posisi lawan di game dengan lebih akurat.

Untuk itu, Nitro 5 sudah didukung dengan fitur DTS: X Ultra. Fitur audio ini dapat memberikan pengalaman 3D Spatial, yang memungkinkan pengguna serasa berada di tengah permainan.

Suara bisa didengar hingga 360 derajat. Fitur ini sangat terasa ketika pengguna memakai perangkat headset.

Streamlined Thermal Design

Acer Nitro 5.

Acer Nitro 5.

Photo :
  • Dok. Acer

Masih dengan ciri khas laptop gaming, Acer masih memberikan sentuhan berwarna hitam pada bodi Nitro 5 versi 2022. Tetapi kini mereka menghadirkan sesuatu yang sedikit berbeda, di mana terdapat sejumlah aksen garis.

Ini membuatnya memiliki desain yang jauh berbeda dibandingkan dengan pendahulunya. Logo Acer di bagian penutup juga dibuat menjadi lebih kecil dan terlihat lebih elegan.

Laptop ini memiliki Streamlined Thermal Design, sehingga sistem pendinginnya bisa menjaga performa laptop ini tetap dingin meski dipakai untuk bermain game dalam waktu yang lama.

Menurut penjelasan Acer, desain ini membuat proses pendinginan CPU dan GPU jadi lebih optimal. Proses pendinginan Nitro 5 mengandalkan dua kipas pendingin Acer CoolBoost.

Aliran udara dari Acer CoolBoost ini dikeluarkan melalui quad exhaust di bagian belakang.

Acer mengklaim bahwa sistem termal yang digunakan pada Nitro 5 menghasilkan udara lebih optimal hingga 25 persen. Pengguna juga bisa mengatur kecepatan dari kipas Acer CoolBoost lewat aplikasi NitroSense.

Port yang tersedia di laptop ini mulai dari port HDMI 2.1, port USB 3.2 Gen 1, port USB 3.2 Gen 2 port with power-off charging, port USB 3.2 Gen 2, port USB Type-C 3.2 Gen 2 (Thunderbolt 4) dan port RJ-45.

Aplikasi NitroSense

Acer Nitro 5 menggunakan layar IPS dengan ukuran 15,6 inchi dan beresolusi Full HD. Disertakan juga pastinya fitur pendukung gaming, seperti refresh rate 165Hz dan refresh rate 3ms.

Layarnya sudah sanggup menampilkan gameplay yang smooth, minim ghosting, dan pastinya membuat pengalaman gaming di laptop ini terasa maksimal. Bergeser ke bagian keyboard, di sini tentunya akan menjumpai keyboard yang lengkap dengan RGB.

Pada Nitro 5 menggunakan RGB 4 zona yang membuat pengguna bisa mengatur tampilan RGB dengan warna yang berbeda di beberapa zona keyboard.

Personalisasi tampilan RGB bisa dilakukan melalui aplikasi NitroSense. Aplikasi ini sebenarnya sangat fungsional dan bisa dimanfaatkan untuk bermacam kebutuhan.

Perbedaan diterapkan oleh Acer pada tombol WASD dan tombol panah, yang mana memiliki desain berbeda dibandingkan tombol lainnya. Desain ini diberikan untuk visibilitas lebih, yang mana tombol tersebut memang sering digunakan untuk bermain game.

Jadi, Acer Nitro 5 menjadi salah satu pilihan menarik untuk laptop gaming yang sudah menggunakan 12th Generation Intel® Core™ Processors. Harga yang ditawarkan cukup bersaing, mulai dari Rp21 jutaan, dan laptop ini bisa diandalkan untuk menjadi salah satu pilihan para gamer.