Menguliti Fitur Kamera Realme 11 Pro+ 5G

Realme 11 Pro+.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Jakarta Realme 11 Pro+ 5G resmi menjadi anggota baru dari number series di Indonesia. Seri ini merupakan salah satu lini produk pertama Realme yang mencapai angka 50 juta pengiriman di antara perangkat Android lainnya.

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Lini tersebut juga merupakan kontributor utama bagi Realme dalam mencapai tonggak penjualan 100 juta unit dalam waktu singkat.

Realme 11 Pro 5G Series kini hadir menjadi smartphone pertama di dunia dengan 200MP 4x SuperZoom Camera.

3 HP Ini Perdana Pakai Snapdragon 7+ Gen 3

Tidak hanya diperkaya fitur kamera, smartphone berjuluk 'World’s First Smartphone with 200MP 4X SuperZoom Camera' ini juga hadir dengan berbagai fitur yang superior di kelasnya, seperti desain yang mewah, pengecasan cepat hingga memori besar.

Smartphone dengan slogan '200MP. Zoom to the Next Level' ini tersedia di Indonesia dalam varian warna Sunrise Beige dan Oasis Green. Kali ini, VIVA Tekno berkesempatan me-review Realme 11 Pro+ 5G. Yuk, langsung saja simak:

Realme, Redmi dan Xiaomi akan Memakai Snapdragon 8s Gen 3

Realme 11 Pro+

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

 

Pertama di dunia

Julukan 'World’s First Smartphone with 200MP 4X SuperZoom Camera' membuat Realme 11 Pro+ 5G diklaim sebagai smartphone pertama di Dunia dengan 200MP 4x SuperZoom Camera.

Teknologi 200MP 4x SuperZoom Camera ini disematkan pada kamera utama dengan piksel tertinggi di industri smartphone.

Sementara kamera belakang lainnya didukung lensa makro 2MP dan lensa wide 8MP. Saat mencobanya, mode 200MP menghasilkan foto yang lebih detail dan jernih.

Hal ini berkat dukungan Sensor Samsung ISOCELL HP3 SuperZoom pada kamera utama dengan resolusi ultra-tinggi 200MP, sensor besar 1/1.4 inci, aperture besar F/1.69 serta aperture maksimum di segmen harga yang sama.

Dengan dukungan Tetra2pixel Technology, membuat piksel 4-in-1 atau 16-in-1 dengan memanfaatkan opsi piksel tunggal untuk memastikan foto hasil foto yang jernih pada segala kondisi cahaya.

Bodi belakang Realme 11 Pro+

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Lalu, ada teknologi Zoom Lensa Tunggal 4x Lossless (4x Lossless Zoom) pertama di industri smartphone yang juga merupakan salah satu fitur kamera unggulan dari Realme 11 Pro+ 5G, yang lagi-lagi, membuatnya sebagai smartphone pertama di dunia yang menggunakan teknologi tersebut.

Teknologi In-sensor zoom yang digunakan Realme 11 Pro+ 5G memberikan jumlah piksel yang sama walaupun dengan segmen fokus yang berbeda.

Ketika dalam mode 4x, sensor akan beralih ke mode 200MP output langsung dan memilih output 12,5MP di bagian tengah sensor untuk mendapatkan foto 4× 12,5MP.

Resolusi pemotretan dengan 4x zoom pada ponsel ini 242 persen lebih tinggi dibandingkan dengan model 200MP dari ponsel sekelasnya, dengan komposisi yang lebih bebas dan jelas, terlepas dari jarak pemotretan.

Tampilan warna seperti pemandangan langit, alam, maupun pada kulit manusia juga ditingkatkan untuk memberikan hasil foto yang lebih baik.

Ketangguhan Realme 11 Pro+ 5G pun ditunjang Auto-zoom Technology dengan teknologi Auto-zoom pertama di industri smartphone dengan model deteksi objek terintegrasi dan model pemotongan otomatis.

Stabil meski terguncang

Fitur ini diintegrasikan ke dalam mode Street Photography, yang secara akurat dapat mengidentifikasi objek dan background foto.

Smartphone berslogan '200MP. Zoom to the Next Level' itu memiliki 2x golden portrait focal length, yang mampu mendeteksi latar belakang pada foto dengan lebih baik sehingga membuat objek foto lebih menonjol.

Ditambah dengan dukungan algoritma AI beauty, tekstur kulit pada objek foto terlihat lebih halus dan natural.

Berikutnya, fitur HyperShot Imaging Architecture 2.0 dengan pemrosesan algoritma gambar dioptimalkan sepenuhnya melalui 4 engine gambar utama yaitu, QuickShot Acceleration Engine, Image Engine, Anti-shake Engine, dan Color Boost Engine.

Selain itu, teknologi Super QPD Autofocus sanggup diandalkan ketika ingin menangkap detail dari objek foto yang sedang bergerak dengan cepat.

HP ini didukung OIS dan Algoritma OIS EDR 3 derajat yang dengan cepat menarik lensa kembali ke tengah di antara frame dengan peningkatan kecepatan reset lensa sebesar 40 persen.

Terbukti, teknologi OIS ini mampu mengambil gambar dengan stabil sekali pun terkena guncangan atau tangan gemetar.

Realme 11 Pro+ 5G juga memiliki Four-axis Anti-shake Algorithm yang mampu menghitung tambahan anti-shake dari perpindahan sensor, dan meningkatkan kapasitas pemrosesan data per detik sebesar 200 persen.

'Handheld Starry Sky'

Realme juga menyematkan fitur Super Group Portrait Mode yang dapat diandalkan untuk foto bersama kerabat yang akan memastikan wajah semua orang akan tetap fokus pada gambar yang diambil.

Selain itu, Realme pertama kalinya menghadirkan mode Handheld Starry Sky pada smartphone barunya yang memudahkan saat memotret langit berbintang tanpa pengaturan spesifikasi rumit dan tripod yang besar.

Beralih ke kamera selfie, Realme 11 Pro+ 5G dibekali kamera depan beresolusi 32MP dengan sensor Sony IMX615.

Melalui lensa sudut lebar depan 90 derajat, foto layar horizontal selfie akan secara otomatis memperluas jangkauan lensa. Dengan begitu, objek foto dapat tertangkap lebih banyak.

Jadi, saat selfie foto wajah terlihat lebih cantik natural. Karena kamera selfie ponsel ini disokong algoritma penghilang noda AI yang juga ditingkatkan dapat menjaga konsistensi warna kulit pada lensa depan dan belakang.

Usai kupas tuntas soal kamera, kini beralih ke layar dengan sederet teknologi canggih. Salah satunya dengan dukungan teknologi 2160Hz Curved Vision Display dengan Top-level Eye Protection, ponsel ini memiliki layar lengkung flagship 2160Hz dengan dimming frequency tertinggi di kelasnya.

Dukungan teknologi 2160Hz PWM Ultra-high Frequency Dimming pada layar ponsel dapat mempertahankan akurasi warna dalam cahaya gelap dan mengatasi masalah flicker.

Layar Realme 11 Pro+ 5G disokong teknologi 1260Hz Turbocharged Touch Sampling dengan kecepatan respons lebih sensitive dibandingkan ponsel sekelasnya.

Ditambah lagi dukungan algoritma anti-mistouch generasi keempat yang dapat mengenali hingga 11 jenis teknik genggaman dan model jari yang berbeda pada saat yang bersamaan. Sehingga dapat mendeteksi sentuhan jari yang berbeda.

Jadi, selama menatap layar ponsel dalam waktu lama, mata tidak terasa lelah. Ini karena dukungan sertifikasi no flicker eye protection dari TÜV Rheinland sehingga Realme 11 Pro+ 5G dapat secara efektif mengurangi kelelahan mata pengguna dari karena flicker pada layar dan meningkatkan kenyamanan mata saat digunakan.

Di bawah satu detik

Soal dapur pacu, Realme 11 Pro+ 5G diperkuat chipset MediaTek Dimensity 7050 5G dipadukan RAM 12GB dengan ROM 512GB. Kapasitas RAM tersebut juga dapat diperluas hingga 12GB lagi. Jadi, total kapasitas RAM nya mencapai 24GB.

Dengan kombinasi 100W SUPERVOOC Charge + baterai besar 5000mAh, Realme 11 Pro+ 5G dapat meningkatkan pengalaman pengisian daya dalam berbagai skenario dan dengan mudah mengatasi masalah daya tahan baterai dalam melakukan segala rutinitas.

Daya baterai ini cukup awet saat digunakan untuk bermain game onlien selama dua jam. Kondisi baterai hanya berkurang 10 persen.

Ketika digunakan untuk rutinitas lainnya seperti menulis atau membalas pesan instan, media sosial, foto dan video, mendengarkan musik dan menonton film sesekali, ponsel ini bisa bertahan hingga seharian.

Untuk waktu pengisian daya sangat cepat hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk menambah kondisi daya baterai sebanyak 17 persen.

Canggihnya lagi, ponsel ini disokong SUPERVOOC S Battery Management Chipset sehingga dapat menghemat 45 persen area perangkat pengisian daya cepat pada motherboard.

Realme 11 Pro+ 5G, yang berjalan dengan Realme UI 4.0 berbasis Android 13, itu juga dibekali In-display Fingerprint Scanner dan face unlock yang dapat membuka kunci ponsel dengan sangat cepat, hanya di bawah satu detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya