Western Digital Elements Play Review

Alat ini bermanfaat jika Anda ingin menikmati hiburan di televisi dari perangkat penyimpanan all in one, alias mendukung berbagai format file multimedia sekaligus.
Sumber :
  • wdc.com

VIVAnews - Meski dikenal sebagai produsen harddisk untuk komputer, Western Digital juga memproduksi berbagai perangkat lain, terkait dengan media penyimpanan. Salah satunya adalah Elements Play, alat penyimpanan sekaligus multimedia player untuk dihubungkan dengan televisi.

Ada dua pilihan kapasitas yang disediakan oleh Western Digital untuk perangkat ini yakni 1T dan 2TB. Sebagai gambaran, kapasitas 1TB bisa digunakan untuk menyimpan foto hingga 200 ribu file, video definisi tinggi dengan durasi 76 menit, atau sekitar 250 ribu file musik.

Spesifikasi dan Fitur
Sebagai multimedia storage sekaligus player, perangkat ini dapat diisi dengan file foto, audio, dan video dari berbagai format. Sementara untuk disambungkan ke pesawat televisi, konektor yang tersedia adalah kabel Composite, HDMI, atau USB 2.0.

Untuk memainkan multimedia, Western Digital menyediakan remote control. Adapun setelah dihubungkan ke layar televisi, Anda akan disajikan antarmuka yang tidak jauh berbeda dengan Windows Media Center namun lebih sederhana. Kelebihannya, Anda akan cepat memahami dan terbiasa mengontrol alat ini. Berikut spesifikasi singkat Western Digital Elements Play:

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?
  Western Digital Elements Play
Dimensi    4,1 x 22,5 x 14,9 sentimeter
Format file     
Foto    JPEG, GIF, TIFF, BMP, PNG
Audio    MP3, WAV, PCM, WMA, AAC, FLAC, MKA, OGG
Playlist    PLS, M3U, WPL
Subtitle    SRT, SSA, SUB, SMI, MKS, TXT
Video    AVI, MPG/MPEG, VOB/ISO, MP4/MOV, MKV, TS/TP/M2TS/ FLV, RM atau RMVB
Bahasa     
Antarmuka    Inggris, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, China, Korea, Jepang, Russia, Portugal, Turki, India, Thailand, Serbia, Albania, Polandia, Kroasia, Bulgaria, Ukrania, Slovakia, Rumania, Hungaria, Yunani, dan Ceko.
Subtitle    Inggris, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, China, Korea, Jepang, Yunan, Russia, Portugal, Eropa tengah, Turki, dan Malaysia.

Uji Coba
Saat digunakan, baik ketika menggunakan kabel Composite ataupun USB, Western Digital Elements Play ini dapat memainkan berbagai file multimedia yang kami masukkan ke harddisk yang ada di dalamnya. Cukup banyak format yang berhasil dimainkan, meski ada beberapa format pula, terutama video yang kami unduh dari internet, yang tidak didukung.

Ada kalanya saat kami memainkan video, suara dari film tersebut tidak terdengar. Namun ini akhirnya bisa diatasi dengan mengubah setting audio film yang bersangkutan lewat remote control kecil yang tersedia.

Saat kami gunakan konektor USB untuk dihubungkan ke pesawat televisi (kami menggunakan LG 32LD450 yang mendukung pemutaran file video dari USB storage), Western Digital Elements Play ini langsung terdeteksi dan konten di dalamnya sudah bisa langsung dimainkan. Sayangnya, tidak ada koneksi lain yang disediakan agar perangkat ini bisa digunakan secara bagi pakai oleh perangkat lain.

Dari uji coba kami, Western Digital Elements Play ini bermanfaat jika Anda ingin menikmati hiburan lewat perangkat penyimpanan all in one, alias mendukung berbagai format file multimedia sekaligus. Apalagi ia juga sudah mendukung format video definisi tinggi (Full HD) dan menyediakan kapasitas cukup lega. Western Digital memasarkan produk dengan kapasitas 1TB ini di kisaran harga Rp1,7 jutaan.

Dukungan lengkap berbagai koneksi mulai dari Composite, USB, sampai HDMI juga memudahkan alat ini disambungkan ke televisi. Namun kalau televisi Anda sudah mendukung USB storage dan mampu memutar file multimedia, justru rasanya alat ini jadi kurang bermanfaat.

Kelebihan
•    Antarmuka sederhana, mudah digunakan
•    Mendukung banyak format file, kapasitas cukup lega

Kekurangan
•    Tidak bisa dihubungkan ke banyak perangkat sekaligus (eh)

Swiss German University Dukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia!
Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024