Seagate FreeAgent GoFlex Home Review

Sesuai namanya, NAS ini ditujukan untuk pengguna yang tidak punya banyak komputer dalam jaringannya. Berhubung menyasar pengguna rumahan, kemampuan backup data pun dibatasi hingga 3 PC.
Sumber :
  • seagate.com

VIVAnews - Network Attached Storage, media simpan berbasis jaringan tidak hanya ditujukan untuk pengguna kantoran. Kebutuhan yang meningkat atas penyimpanan yang bisa digunakan secara bagi pakai di jaringan rumah membuat sejumlah produsen menyasar segmen ini.

Salah satu varian NAS yang menyasar segmen rumahan yang dihadirkan oleh Seagate adalah FreeAgent GoFlex Home. Model ini hadir dengan tiga pilihan kapasitas 1TB, 2TB, dan 3 TB. Kebetulan, versi berkapasitas 1TB sempat kami coba.

Desain dan Fitur
Sesuai namanya, NAS ini ditujukan untuk pengguna yang tidak punya banyak komputer dalam jaringannya. Berhubung menyasar pengguna rumahan, kemampuan backup data pun dibatasi hingga 3 PC. Tetapi, untuk akses, tidak dibatasi berapa perangkat yang bisa melakukannya.

NAS ini bisa digunakan sebagai media simpan serta media streaming melalui mesin console seperti Xbox 360, PS3, atau perangkat HD Media Player. Dari sini Anda bisa membuka file-file multimedia seperti foto, film, dan musik secara langsung setelah terhubung ke jaringan.

Koneksi nirkabel juga memungkinkan alat ini terhubung dengan tablet PC maupun smartphone berbasis iOS dan juga Android. Namun, untuk itu, Anda mesti mengunduh terlebih dahulu aplikasinya melalui Apps Store atau Android Market. Untungnya, aplikasi tersebut gratis.

Agar bisa digunakan, Anda perlu memasang harddisk ini ke docking-nya. Segala koneksi berada pada docking seperti ethernet, USB, tombol power serta port adaptor. Port USB yang ada bisa dipakai untuk menghubungkan NAS ke printer atau juga di-share ke pengguna yang bisa mengaksesnya.

Sebagai NAS, FreeAgent GoFlex Home ini harus dihubungkan ke router yang nantinya dibagi pakai oleh sesama pengguna yang memiliki akses. Anda juga bisa menggunakannya sebagai media simpan biasa dengan memanfaatkan koneksi ethernet yang langsung dihubungkan ke PC. Tetapi, cara ini tidak memaksimalkan fungsinya sebagai media backup atau recovery.

Uji Coba
Saat kami coba, setelah perangkat terhubung dengan benar, pada komputer akan terbentuk folder yang sudah tersusun secara default. Selain mengakses menggunakan bantuan dashboard, Anda bisa pula mengakses perangkat ini lewat Windows Explorer pada folder Network.

Untuk mengoptimalkan segala fiturnya, Anda harus menggunakan aplikasi bawaan yakni Seagate Dashboard. Dari sini, Anda bisa membagi akses, memproteksi, hingga konfigurasi dengan mudah berkat panduan yang disertakan.

Untuk pengguna Windows, Memeo Instant Backup merupakan fasilitas melakukan backup data secara cepat dan mudah. Tapi, anehnya, aplikasi ini hanya bersifat trial dengan masa percobaan hingga 31 hari. Anda masih direpotkan lagi dengan membeli lisensinya agar bisa menggunakan versi penuh atau terpaksa mencari aplikasi lain yang lebih murah.

Beda halnya dengan pengguna MacOs. Perangkat ini langsung terintegrasi dengan aplikasi Time Machine yang bisa mendeteksi serta melakukan backup secara penuh.

Uniknya, peranti ini bisa langsung terdeteksi dan berfungsi sebagai media simpan pada salah satu distro Linux yaitu Linux Mint 12 terbaru. Padahal, spesifikasinya menyebutkan dukungan hanya pada sistem operasi Windows dan MacOS. Tetapi, jika digunakan pada Linux, Anda hanya bisa melakukan akses data secara bagi pakai saja.

Menggunakan Windows 7 Home Premium, kami mengukur kecepatan transfer data dalam dua mode. Memanfaatkan koneksi kabel melalui router, dan juga langsung dihubungkan ke PC memanfaatkan port ethernet. Pengujian diukur menggunakan aplikasi DUMeter versi 5.20 (trial) dengan menggunakan satu file MKV berukuran 1,36GB.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee
  Dari PC ke Router ke NAS Dari PC ke NAS (ethernet)
Waktu transfer 2 menit 15 detik 1 menit 24 detik
Max.transfer rate (incoming/outgoing) 26,1Mbps / 612,8Mbps 20,1Mbps / 22,6Mbps
Avg. Transfer rate (incoming/outgoing) 1,6Mbps / 38,0Mbps 968,6kbps / 12,4Mbps

Hasil transfer data Seagate FreeAgent GoFlex Home terbilang cukup baik dan gegas, cukup memadai untuk kebutuhan lalu lintas data. Apalagi jika tidak diakses secara bersamaan.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

NAS ini juga cocok dipakai sebagai media streaming audio maupun video definisi tinggi dan tentu saja sebagai sarana untuk menyimpan data penting dalam satu perangkat. Versi 1TB dari produk ini sendiri dipasarkan secara resmi oleh Seagate seharga US$189,99 atau sekitar Rp1,72 juta.

Kelebihan:
•    Transfer data cepat, mendukung backup, recovery, dan sekuriti.
•    Punya koneksi USB untuk bagi pakai perangkat lain.

Kekurangan:
•    Backup tak lebih dari 3 PC, aplikasi backup hanya trial.

(art)

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

Bagi Prabowo Subianto, insan pers penting karena bagian dari demokrasi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024