Asus X550ZE, Laptop 'Gaming' Berprosesor AMD

Sumber :
  • Dok. Ist

VIVA.co.id - Mencari laptop untuk game dengan banderol harga terjangkau memang tidak mudah. Namun Asus, vendor komputer asal Taiwan, mencoba menghadirkan X550ZE yang hanya berharga Rp6 jutaan, harga yang jauh di bawah standar laptop gaming pada umumnya yang berada di atas Rp10 jutaan.

Dengan Rp6 jutaan, pengguna tidak hanya bisa memiliki perangkat game, melainkan untuk multitasking, mulai dari aktivitas multimedia, desain grafis, fotografi sampai editing video. Semua berkat persenjataan mumpuni yang ada di dalam X550ZE, paduan prosesor AMD A10-7400P, chip grafis Radeon R6 dan RAM 4GB. Bahkan kapasitas RAM itu pun bisa ditambah sampai 16 GB, tentunya dengan komposisi yang dibagi dua.

AMD mengklaimnya sebagai notebook mainstream karena menggunakan prosesor AMD APU A10-7400P. Prosesor ini dibangun berbasiskan arsitektur Kaveri yang terdiri atas 10 Compute Core (4CPU+6 GPU) dengan kecepatan clock prosessor 2,5GHz tapi dapat didongkrak hingga 3,4GHz saat mode Turbo aktif sehingga performa terasa lebih kencang saat menjalankan berbagai aplikasi dan game.

Pengalaman Gunakan Tablet ASUS ZenPad 7.0

Dengan kartu grafis Radeon R7-M265DX yang mendukung Dual Graphic tentunya sangat bermanfaat untuk mendongkrak performa notebook saat menjalankan pekerjaan yang membutuhkan pengolahan grafis yang intensif.

Berat Asus X550ZE hanya sekitar 2,26 kg dengan balutan desain yang memang terlihat biasa saja. Namun dari sisi ketipisan hanya sekitar 2,51 sentimeter di bagian sisinya. Jika dibandingkan dengan generasi terdahulu, bedanya hanya 5 persen lebih tipis.

Di dalam touchpad terdapat fitur smart gesture yang didedikasikan Asus untuk kenyamanan pengguna menarikan jari jemarinya menjelajah di layar berukuran 15,6 inci ini. Meski baterai bisa bertahan 3 sampai 4 jam, Asus X550ZE bisa tetap dingin, berkat adanya teknologi IceCool di dalamnya.

Saat dinyalakan, tidak butuh waktu lama bagi Asus X550ZE untuk melakukan booting. Total sampai layar menampilkan halaman utama, hanya butuh waktu sampai 15 detik. Ini berkat prosesor AMD yang berkecepatan 3,4 GHz. Tampilan layar langsung terlihat jelas dan detil karena lebarnya sekitar 15,6 inci resolusi HD. Artinya bisa menampilkan gambar sampai resolusi 1366x768 piksel tanpa pecah.

Bermain game bisa dimana saja dengan Asus X550ZE. Dalam beberapa permainan, grafis yang didapat bisa memiliki skor rata-rata 30 FPS. Ini berkat grafis dan prosesor yang diusung. AMD A10-7400P dan Radeon R6 merupakan perpaduan yang ciamik dan tidak akan membuat kecewa.

Fitur lainnya dalam X550ZE ini adalah port USB 3.0 yang membuat proses perpindahan data menjadi jauh lebih cepat. Ada juga optical disc Super-Multi DVD, VGA port, HDMI, audio jack, sampai LAN port. Untuk urusan suara, dibantu dengan teknologi SonicMaster guna menghadirkan dentuman suara yang mencengangkan dalam batas maksimal volume.

Untuk koneksi, X550ZE dilengkapi WiFi (802.11 b/g/n WLAN) serta Bluetooth v4.0.

Xenom Hercules HC17S

Xenom Hercules, Laptop Game Pertama dengan Intel Skylake

Xenom Sematkan Intel Skylake Generasi ke-6 di Hercules.

img_title
VIVA.co.id
1 Februari 2016