2017, Tahun Kebangkitan Mantan Ponsel Sejuta Umat Nokia

Gambar Nokia 6 dalam handout
Sumber :
  • HMD/Handout via Reuters

VIVA – Perlahan tapi pasti, Nokia bangkit kembali. Pasca 'cerai' dari Microsoft pada 18 Mei 2016, merek yang pernah dijuluki ponsel sejuta umat ini berupaya bangkit ke industri smartphone lewat bendera HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia.

Indosat Usung Garuda untuk Melestarikan Bahasa Indonesia

Selain HMD, FIH Mobile juga berperan sebagai rekanan manufaktur. Upaya Nokia ini mulai membuahkan hasil. Mengutip situs gadgets.ndtv, Rabu, 7 Februari 2018, perusahaan riset bernama Counterpoint mencatat bahwa pada kuartal IV 2017, Nokia meraih satu persen pangsa pasar smartphone global.

Artinya, perusahaan teknologi asal Finlandia tersebut berhasil menjual sekitar 4,15 juta unit smartphone Android mereka di kuartal terakhir tahun lalu, dan ini tergolong pertumbuhan yang cepat.

Ponsel Nokia Masih Ada

Nokia 8.

Counterpoint juga mencatat bahwa pada kuartal II dan III 2017, sebanyak 1,5 juta dan 2,8 juta unit smartphone Nokia Android dan 13,5 juta ponsel berfitur Nokia terjual.

Samsung Lagi Kembangkan 6G

Menariknya lagi, Nokia dilaporkan telah mengapalkan 9,8 juta unit smartphone Lumia, saat masih bersama Microsoft, dalam periode waktu yang sama setelah diluncurkan.

Adapun portofolio HMD Global saat ini terdiri dari Nokia 2, Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, Nokia 7, Nokia 8, dan beberapa varian Nokia 3310. Menurut rencana, Nokia 7 dan 9 akan diluncurkan HMD Global di Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol, pada akhir Februari mendatang.

"Nilai sentimental terhadap merek (Nokia) di kalangan diler dan konsumen didampingi oleh peluncuran smartphone berkualitas sehingga membantu Nokia pelan-pelan merebut kembali pangsa pasar," demikian laporan Counterpoint.

Peluncuran smartphone baru Nokia di Kawasan SCBD, Jakarta Pusat.

Counterpoint juga menilai Nokia memiliki portfolio produk yang lengkap mencakup semua segmen harga, sehingga membantu mendongkrak volume pengapalan. Selain itu, ada juga sisi nostalgia dari kejayaan masa lalu Nokia.

Seperti diketahui, 2017 adalah tahun titik balik Nokia dengan memasarkan produk smartphone di bawah merek sendiri tanpa embel-embel Lumia seperti saat dengan Microsoft. Pada ajang MWC 2017, Nokia menggebrak lewat perkenalan tiga smartphone sekaligus, yakni Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya