PC Game Mahal atau Murah, Cermati Mana yang Terbaik?

Ilustrasi desktop game
Sumber :
  • Instagram/@tiagofilipenogueira

VIVA – Orang yang tidak mengerti soal game akan tercengang melihat harga satu desktop yang bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Jika menginginkan PC game yang bagus, memang membutuhkan uang banyak. 

Ponsel Gaming Asus ROG Phone 8 Series Meluncur Besok, Ini Bocorannya

"Jujur saja membuat PC yang bagus bujetnya luar biasa. Karena di situ kita akan berkompromi dengan harga prosesor, harga VGA-nya bagaimana," kata Techincal Director Jagat Review, Alva Jonathan, kepada VIVA, Kamis 8 Februari 2018.

Ia menyebutkan, dua faktor mengapa harga desktop gaming sangat mahal. Pertama, karena faktor hardware desktop yang kualitasnya meningkat. Selain itu, VGA dengan kualitas terbaik saat ini  sulit ditemukan. Dengan permintaan atas PC game yang banyak sementara produksi dengan spesifikasi berkualitas yang sedikit, membuat harga desktop gaming meningkat tajam. 

Influencer dan Gamer dari Seluruh Dunia Siap Menyerbu Tangerang, Banten

Alva menuturkan, bisa saja mendapatkan desktop untuk gaming dengan harga Rp5 Jutaan, namun jangan berharap dengan adanya spesifikasi tinggi layaknya PC seharga Rp80 Juta.

"Bisa enggak sih di tahun 2018, Rp5 juta untuk main game? Bisa kalau game-nya enteng, resolusinya kecil, gambarnya blur enggak jelas. Kalau dia tahan dengan 5 juta, itu setimpal," ujarnya.

Pekerjaan Content Creator Makin Mudah

Soal pasar desktop gaming di Indonesia, Alva melihat ada orang yang suka merakit desktopnya sendiri dan ada pula yang inginnya beli jadi. 

"Akhir-akhir ini ada komunitas yang merasa pemilihan komponen PC yang segitu banyak akhirnya mereka males untuk merakit sendiri. Karena itu desktop gaming datang untuk mempermudah orang-orang tersebut," jelasnya. (ase)

Axioo Pongo 760 V2.

Laptop Ini Bisa Bikin Nyaman Mata Pengguna

Laptop Axioo Pongo 760 V2 adalah pilihan yang sangat tepat untuk para gamer, pembuat konten (content creator) atau pekerja kreatif, namun tetap nyaman di mata.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024