Ada Smartphone Anti-Hacker, Bisa Simpan Uang Digital

Sikur Phone.
Sumber :
  • Twitter @sikur

VIVA – Ketika produsen smartphone global berlomba-lomba mengusung keunggulan spesifikasi seperti layar, prosesor hingga kamera, pada acara Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol, ada satu produsen smartphone asal Brasil bernama Sikur Phone tampil beda.

Pintar Investasi Kripto Lewat Wadah Edukasi

Mengutip situs CNET, Selasa, 27 Februari 2018, Sikur meluncurkan smartphone dengan cryptocurrency wallet atau dompet uang digital. SikurPhone adalah penerus dari Granite Phone Sikur, yang diluncurkan dua tahun lalu di acara yang sama.

Produk ini menawarkan keamanan yang diklaim tidak bisa ditembus oleh peretas atau hacker, karena teknologi interface yang telah diperbaharui serta kemampuan untuk menyimpan uang digital di sistem cloud.

Sri Mulyani Bawa Kabar Tak Baik Usai Hadiri G20 India

"Menyimpan informasi dengan aman di perangkat kami adalah salah satu poin kuat Sikur. Kami berhasil dengan fitur browser dan keamanan perpesanan. Lalu, kami bertanya-tanya, mengapa tidak melakukannya dengan uang digital?" kata Chief Executive Officer (CEO) Sikur, Cristiano Iop, di acara Mobile World Congress.

Iop juga mengklaim bahwa produknya sudah terenkripsi, atau menyimpan data dalam bentuk yang hanya dapat dibaca jika kunci ponsel atau tablet dibuka, sepenuhnya dalam bentuk "hack proof".

Mengunci Aset Kripto untuk Dapat Imbalan Tak Bisa Sembarangan

Untuk membuktikannya, Sikur menantang perusahaan celah keamanan Bug HackerOne untuk menguji kemampuan Sikur selama dua bulan. Benar saja, HackerOne menyebut sistem keamanan Sikur tidak berhasil dijebol setelah melalui pengujian yang ketat.

Iop mengatakan, Sikur Phone sudah tersedia dalam bentuk Android dengan versi yang sudah dimodifikasi berdasarkan penawaran dashboard, panggilan, pesan, penyimpanan dokumen sederhana, dan beberapa fitur praktis lainnya.

Sikur Phone desain perangkat layar 5,5 inchi. Untuk jeroannya dibekali prosesor MediaTek, daya baterai 2.800mAh, RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB.

Ada kamera 13 megapiksel di bagian belakang dan kamera 5 megapiksel pada bagian depan. "Sikur tersedia untuk preorder sekarang seharga US$800 (sekitar Rp10,8 juta), dan dijual offline pada bulan Agustus 2018," jelas Iop.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya