5 Fakta Soal 'Poni' Notch iPhone X

Face ID iPhone X.
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Peter

VIVA – Usai Apple mengeluarkan duet iPhone 8 dan iPhone X, publik mencibir desain iPhone X yang dianggap tak sesuai tren. Notch yang terdapat di bagian atas layar iPhone dianggap norak.

Jokowi Bertemu Tim Cook Hari Ini, Menperin: Ada Kebijakan yang Kita Keluarkan untuk Apple

Notch, yang juga disebut sebagai poni di layar iPhone X memang tidak disukai banyak orang di awal kemunculannya. Namun Apple tetap bersikukuh mempertahankannya. Sampai akhirnya, saat ini banyak vendor smartphone yang malah mengikuti desain ini, menyertakan Notch dengan ukuran yang berbeda.

Ini merupakan bukti jika ternyata 'poni' yang ada di atas layar iPhone bisa menjadi daya tarik tersendiri. Berikut ini lima fakta yang harus kamu ketahui terkait dengan 'poni' di iPhone X. iPhone X generasi kedua.

Apple Bangun Pabrik iPhone di Indonesia, Menkominfo: Tunggu Besok

1. Sebagai pembeda desain dengan smartphone lain
Di antara lautan smartphone Android yang menjejali pasar dunia, hampir semua memiliki desain yang sama. Sulit untuk membedakan merek dari sebuah smartphone karena hampir semua bezel-less, full-display, dan lainnya. Dengan Notch, jika seseorang mengeluarkan iPhone X dari kantong, maka mereka tidak perlu lagi menerka apa merek smartphone tersebut.

Semua orang menyukai eksklusivitas dari sebuah gadget. Notch memberikan eksklusivitas ini pada iPhone X. Tidak heran jika pengguna iPhone kerap membuat iri pengguna smartphone lain.

Tim Cook Datang ke Indonesia Besok, Apple Turun Takhta

2. Mempermudah mencari bagian atas iPhone saat gelap
Saat dalam keadaan gelap, terkadang kita masih ingin berkutat dengan smartphone. Mengambilnya dari meja kemudian melakukan browsing, baca pesan instan, dan lainnya.

Nah, dengan desain smartphone yang tipikal ada sekarang, penuh dengan layar, terkadang kita menggunakannya terbalik kala ruangan dalam kondisi gelap. Dengan Notch di iPhone X, tak ada lagi kebingungan, mana bagian atas atau bawah smartphone.

3. Tempat Kamera dan Face ID
Diketahui, Notch di iPhone X juga merupakan lokasi ditempatkannya sistem kamera canggih besutan Apple. Kamera dengan istilah TrueDepth ini merupakan sistem canggih yang digunakan untuk fitur Face ID atau sistem pengenal wajah, dalam sistem keamanan iPhone X. 

Sistem kamera ini juga digunakan untuk menghasilkan emoji hewan (animoji), fitur baru yang hanya ada di iPhone X.

4. Ditiru 7 mereka smartphone lain
Sebelumnya sudah diberitakan jika desain Notch milik iPhone X ini telah ditiru oleh setidaknya 7 merek smartphone. Mulai dari Oppo, Asus, sampai LG. Baca di sini.

5. Diprotes tapi akhirnya dipertahankan
Sempat diprotes oleh penggemarnya, namun akhirnya mereka sadar jika iPhone memang smartphone yang eksklusif. Notch membuat tampilan iPhone berbeda dari yang lain. Apple dikabarkan akan mengadopsi notch untuk iPhone keluaran berikutnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya