Oppo Sudah Punya Paten 'Poni' Sebelum Apple iPhone X

Peluncuran iPhone X
Sumber :
  • Reuters/Stephen Lam

VIVA – Desain layar berponi yang dimunculkan iPhone X, menjadi rumor yang hangat dibicarakan oleh para penggemar gadget. Beberapa media China, mendapatkan bocoran adanya vendor smartphone asal negara itu yang memiliki paten desain 'poni' atau notch lebih dulu ketimbang Apple.

Serba-serbi iPhone 16 yang Bikin Penasaran

Media online di China, menyebarkan foto smartphone Oppo yang desainnya mirip sekali dengan iPhone X. Diduga, smartphone itu adalah Oppo R15. Selain berponi, layarnya juga penuh dengan bezel yang hampir tipis. 

Jika foto yang beredar itu benar adanya, Oppo akan menjadi vendor China pertama yang menghadirkan smartphone dengan notch dan layar penuh. Sebelumnya, baru vendor Taiwan, Asus yang mengeluarkan desain seperti iPhone X itu.

'Wajah' iPhone 16 Terungkap

Media online di China, menuliskan paten desain notch dan full-display itu sejatinya sudah dipaparkan dengan gamblang di situs resmi kantor Hak Paten China. Oppo dikabarkan telah mendaftarkan paten itu di kantor tersebut sejak 9 januari 2017.

iPhone Lawas Jangan Coba-coba Update iOS 17

Kemudian, approval paten dan publikasi dari otoritas setempat didapat pada 29 September 2017. Ini membuktikan, jika Oppo menjadi yang pertama memiliki paten notch, bukan iPhone X.

Dalam foto yang beredar, paten desain notch dari Oppo tak hanya berupa poni yang berbentuk persegi panjang, tetapi juga digambarkan setengah lingkaran, setengah kotak, semi-elips, bahkan sampai berbentuk segitiga.

Diketahui, Oppo telah mendaftaran banyak aplikasi paten sejak 2009, totalnya mencapai 20 ribu paten. Pada 2017, Oppo menduduki posisi delapan di antara 10 perusahaan China yang memiliki banyak paten terotorisasi. Oppo satu-satunya produsen smartphone di dalam daftar tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya