Nih Komputer Terkecil Dunia, Lebih Mini dari Sebutir Garam

Komputer terkecil dunia buatan IBM
Sumber :
  • Dokumen IBM

VIVA – Perusahaan teknologi IBM unjuk gigi dalam gelaran IBM Think 2018. IBM memamerkan komputer yang diklaim terkecil di dunia. Komputer yang dimaksud lebih kecil dari sebutir garam, ukurannya cuma 1x1 mm. Mini sekali bukan?

Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia Dikawal Ketat Kemendag, Ekonom: Dorong Digitalisasi UMKM

Jangan pandang sebelah mata kemampuan komputer terkecil di jagat tersebut. Bisa dibilang komputer terkecil ini ‘kecil-kecil cabe rawit’, bisa menjalankan tugas yang canggih. 

Komputer ini menjadi sumber data untuk aplikasi blockchain, sehingga bisa membantu melacak pengiriman barang, mendeteksi pencurian dan penipuan, sampai mendeteksi ketidakpatuhan. Tak hanya itu saja, komputer mini buatan IBM ini bisa menjalankan tugas kecerdasan buatan misalnya menyortir data yang telah diberikan. 

Pemkot Depok Sediakan 878 Titik Wifi Gratis Tanpa Password, Cek Posisinya

Dikutip dari Mashable, Senin 19 Maret 2018, komputer paling mini di dunia ini menjalankan chip x86 yang dikembangkan pada 1990. Pada komputer itu terdiri dari ratusan ribu transistor yang bisa membantu memantau, menganalisis, mengomunikasikan dan menjalankan data. Untuk bisa melihat detail komputer mini ini perlu bantuan mikroskop.

Komputer ini terdiri dari prosesor, memori semikonduktor yakni static random acces memory (SRAM), chip, detektor foto dan unit LED Communications dan didayai oleh sel fotovoltaik.

4 Rekomendasi Komputer Tanpa CPU untuk Pekerja Kantoran hingga Content Creator

Menurut IBM, munculnya komputer paling mini dunia itu hanyalah awal dari segalanya. Kepala Riset IBM, Arvind Krishna mengatakan ke depan, komputer mini akan menjadi jamak. 

"Dalam lima tahun ke depan, jangkar kriptografi seperti komputer mini lebih kecil dari garam, akan tertanam pada tiap objek dan perangkat," ujarnya. 

Belum jelas, kapan produk komputer mini IBM itu akan dirilis. Peneliti IBM mengaku sampai saat ini masih menguji purwarupa pertama komputer mini tersebut.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya