Cara Jajal Fitur Ganjil Genap di Google Maps

Google Maps.
Sumber :
  • Twitter/@Google_IDN

VIVA – Google Maps hari ini menghadirkan tiga fitur baru, yaitu rute ganjil genap, car free day, dan rute motor.  

Cara Menikmati Ramadhan Bersama Google

Rute ganjil genap merupakan larangan untuk pengguna kendaraan yang berpelat nomor ganjil lewat di beberapa jalur pada tanggal genap dan begitu juga sebaliknya. Peraturan ini diadakan dua kali sehari pada 07.00 hingga 10.00 serta 16.00 hingga 20.00. 

Fitur ganjil genap pada Google Maps akan memberikan arahan untuk menghindari jalur ganjil genap seperti Senayan dan Gatot Subroto, dalam hal pengguna berpelat ganjil menggunakan aplikasi pada tanggal genap. 

Top Trending: Putri Elvy Sukaesih Dukung Anies hingga Mayat Warga Gaza Dimakan Kucing

Cara untuk menggunakannya sama seperti penggunaan Google Maps biasanya. Namun pada jam-jam aturan ganjil genap, jalurnya akan mendapati peringatan bahwa jalan tersebut akan melewati rute ganjil genap. 

"Buka Google Maps, cari jalur yang lewat ganjil genap. Misalnya masukin Grand Indonesia lalu klik penunjuk arah. Pilih fitur yang mobil. Bedanya di sini di bagian atas memperingati bahwa jalur yang dilewati ke Grand Indonesia itu melewati jalur ganjil genap," jelas Product Marketing Manager Google Indonesia, Sasha Sunu di Jakarta, Selasa 20 Maret 2018. 

Wanita Buka Google Maps di Laptop Saat Motoran, Netizen: Gak Sekalian Buka Atlas

Setelah itu peringatan tersebut, klik dan atur pelat nomor kendaraan yang digunakan. Nantinya Google Maps akan menunjukkan arah yang sesuai dengan hari dan pelat nomor tersebut. 

Jika tulisan peringatan lupa diklik, pengguna bisa mengubah pengaturan pelat nomor pada fitur option atau simbol 3 titik yang berada di sebelah keterangan lokasi berangkat atau Your Location. 

Misalnya pada pelat nomor genap di hari genap, akan diarahkan jalur melewati rute ganjil genap. Google Maps akan merilis notifikasi bahwa pengguna sedang melewati jalur ganjil genap beserta jarak tempuh sepanjang jalur yang dilewati.

Rute Motor

Sama halnya dengan saat menentukan rute yang akan dituju. Namun pada bagian atas akan ada ikon motor di sebelah ikon mobil. Pilih ikon tersebut. Nantinya akan tersedia pilihan 

"Sebelum di-update, dari mobil langsung ke public transport. Nah ada ikon baru, ikon motor. Gampang banget tinggal tap ikon motor di menu," jelas Sasha. 

Jika sebelumnya pengendara motor harus mengikuti rute mobil pada Google Maps, saat ini rute motor ini akan memberikan jalur jalan-jalan kecil yang bisa dilewati oleh motor. 

Waktu tempuh juga akan berbeda antara yang tertera di rute mobil dan motor. Tiga fitur ini sudah ada di Android dalam versi terbaru yaitu 9.73. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya