Uji Landing Gear Pesawat N219, Begini Nih Prosesnya

Pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia dan Lapan
Sumber :
  • Twitter/@LAPAN_RI/Donny Hidayat

VIVA – Pesawat buatan anak negeri, N219 Nurtanio terus menjalani proses pengujian. Teranyar, pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN itu menjalani uji landing gear

Negara-negara dengan Jumlah Kapal Militer dan Kapal Selam Terbanyak di Dunia, Indonesia Top 6

Uji landing gear ini bertujuan menjajal kekuatan struktur landing gear N219 dalam menerima beban impact saat pendaratan. 

Pengujian dilakukan di Laboratorium Aerostruktur di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN di Bogor, Jawa Barat, Jumat, 23 Maret 2018. 

Teori Baru Hilangnya Malaysia Airlines MH370, Sebut Pilot Sengaja Jatuhkan Pesawat

Dikutip dari akun Instagram LAPAN, alat uji drop landing gear ini pada pusat teknologi itu mampu mengangkat beban uji hingga 8 ton dengan ketinggian maksimum 1,5 meter. 

Dalam pengujian, landing gear  N219 diangkat beberapa saat, diturunkan dalam jarak dekat dan kemudian dijatuhkan. 

Dukung UMKM Naik Kelas, Pertamina Hibahkan Mesin Jahit hingga Penggiling Kopi Senilai Rp 690 Juta

Motor hidrolik yang terdapat pada alat uji dapat memutar roda hingga kecepatan 150 knot dan alat ini dapat menahan beban impact hingga 15 ton.

Dalam sekali pengujian, alat ini dapat mengumpulkan data sebanyak 30.000 sampel dalam 1 detik, yang terdiri dari data gaya impact, perubahan jarak struktur, kecepatan jatuh, kecepatan putar roda, dan jumlah energi yang teredam. (ase)

Mobil Xpander tabrak showroom mobil mewah di PIK 2.

Segini Kecepatan Xpander saat Tabrak Showroom di PIK 2 hingga Buat Porsche Ringsek

Kecepatan mobil Mitsubishi Xpander saat menabrak showroom mobil mewah di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 hingga membuat mobil Porsche GT3 ringsek terungkap.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024