Fakta Core i9 Intel yang Bikin Laptop Bertenaga

Prosesor baru Intel
Sumber :
  • Dokumen Intel

VIVA – Produsen prosesor, Intel mengungkapkan generasi Core terbarunya, yaitu prosesor Core i9 untuk laptop. Generasi baru ini melengkapi lini prosesor performa tinggi H series mobile CPU pada platform Coffee Lake. 

Kisah Unik Penyamaran Intel Anggota Kopassus Jadi Penjual Durian

Coffee Lake akan menjadi debut pada laptop yang memiliki 6 core dan 12 thread, yang membuat pengalaman gaming dan performa lebih kuat mengedit video 4K atau animasi 3D. Pengeditan video tersebut lebih cepat 59 persen dibandingkan generasi prosesor sebelumnya. 

Prosesor Coffee Lake yang dipasarkan sebagai prosesor generasi H Series CPU kedelapan juga akan hadir bagi laptop yang memiliki prosesor Core i9 sampai Core i5, core i7 dan model Xeon baru.

Gerebek Rumah Addin, Habib Bahar Bentak Intel Polres: Kau Mau Beking Dia?

Model Core i9-8950K dan Xeon E-2186M memiliki Intel Thermal Velocity Boost, sebuah fitur yang bisa meningkatkan frekuensi hingga 200MHz, saat temperatur sangat rendah dan melahirkan turbo power. Nantinya akan diterjemahkan dari frekuensi turbo sebesar 4,8 GHz ke prosesor Core i9, yang mencapai 4,6 GHz. 

"Ini mendekati performa yang ada di desktop yang bisa didapatkan pada notebook," ujar Manajer Umum Premium dan Notebook Gaming Intel, Fredrik Hamberger, dilansir Laptopmag, Rabu 4 April 2018. 

Terpopuler: 2 Intel TNI Dipanggil Jenderal, Fakta 'Geng Tai' hingga Menteri Kabinet Indonesia Emas

Coffee Lake dibuat dengan proses 14 nanometer. Ukuran ini sama dengan platform Bradwell, yang telah ada sekitar tiga generasi sebelumya. Seperti H Series lain, Coffe Lake juga memiliki 45 Watt Thermal Design Profile. 

Intel juga memikirkan tentang serangan Spectre dan Meltdown. Semua produk yang diumumkan awal April ini, termasuk Coffee Lake akan dilengkapi dengan keamanan untuk kerentanan Spectre dan Meltdown. Selain meluncurkan proesor Coffee Lake, Intel juga mengumumkan lini baru prosesor mobile U Series Gen Core kedelapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya