Video: Jepang Bikin Robot Transformer Jadi Nyata

Robot tranformer Jepang, J-diete RIDE
Sumber :
  • Reuters/Toru Hanoi

VIVA – Robot transformer kini bukan hanya fiksi di film. Peneliti dan insinyur Jepang telah memamerkan robot yang bisa berubah menjadi mobil, dengan awak manusia di dalamnya.

Canggihnya layaknya di film, perubahan dari robot menjadi mobil itu berlangsung dalam hitungan menit saja. Robot transformer yang dipamerkan peneliti Jepang, J-diete RIDE, punya tinggi 3,7 meter. 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Dikutip dari Abc sebagaimana laporan Reuters, Kamis 26 April 2018, proyek robot transformer ini dilakukan oleh Brave Robotics bersama dengan Asratec, perusahaan yang terafiliasi dengan Softbank. 

Kepala Eksekutif Brave Robotics, Kenji Ishida, menuturkan, ide lahirnya robot transformer ini termotivasi oleh imajinasi masa kecilnya tentang robot pahlawan dalam film anime.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

"Robot yang pernah saya lihat dalam film animasi saat saya kecil semua punya tampilan yang seperti ini. Mereka bertransformasi satu sama lain menjadi bentuk lain dengan orang masih di dalamnya," jelas Ishida. 

Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure

Ishida mengatakan imajinasi fiksinya di masa kecil itu mendorongnya untuk benar-benar terwujud. 

"Saya terus meyakini bahwa robot punya kemampuan seperti itu yang membuat motivasi saya untuk mengembangkan robot ini," jelasnya. 

Bicara soal kemampuan, robot J-diete RIDE secara teknik bisa berjalan dengan kecepatan 100 meter per jam dan bisa melaju dalam bentuk mobil dengan empat rodanya. 

Sejauh ini pengembang robot transformer ini masih dilakukan di dalam pabrik. Pengembang belum pernah melakukan pengujian robot ini luar area.  (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya