AS Wajibkan Drone Pakai Pelat Nomor, Ada Apa?

Ilustrasi-Drone
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Perkembangan penggunaan  drone atau wahana terbang tanpa awak membuat otoritas Amerika Serikat merilis aturan unik, drone harus pakai pelat nomor.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Otoritas Negeri Paman Sam yang mengajukan aturan itu adalah Federal Aviation Administration atau badan regulator penerbangan sipil AS. Dalam aturan yang diajukan, drone boleh diterbangkan jika telah memiliki pelat nomor resmi layaknya pesawat berawak. 

Sebelumnya, pengguna drone di AS dalam meregistrasikan perangkat mereka cukup menempatkan nomor seri registrasi di dalam kemasan baterai drone saja. Namun ke depannya, FAA mengajukan, pelat nomor atau identitas drone harus ditampilkan di bagian luar yang terlihat. 

Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam

"Tindakan ini mengharuskan pemilik drone kecil untuk menampilkan identitas yang ditandatangani FAA setelah menyelesaikan proses registrasi pada bagian luar pesawat," ujar proposal FAA, dilansir situs Trusted Reviews, Jumat 25 Mei 2018. 

Regulator penerbangan federal itu mengatakan cara lisensi baru ini diajukan untuk melacak kepemilikan drone menjadi lebih mudah. Pelat nomor itu akan membantu petugas dalam hal saat pemilik drone melanggar aturan penerbangan. 

Hizbullah Tembak Jatuh Drone Israel Hermes 450 di Lebanon Selatan

"Kami perlu jaminan bahwa setiap drone, pesawat tanpa awak, dioperasikan dengan terkendali dan dapat diidentifikasi dan dilacak. Sesederhana itu saja," ujar Pejabat Sementara Administrator FAA, Dan Elwell. 

iLUSTRASI PERANG DUNIA.

Jika Perang Dunia ke-3 Pecah, Benarkah akan Jadi Perang Akhir Zaman Jelang Kiamat?

Iran melakukan serangan balasan terhadap Israel pada malam Sabtu, 13 April 2024 lalu. IDF (Pasukan Pertahanan Israel). Jika perang dunia apakah kiamat akan terrjadi?

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024