Apple 'Selingkuh' dari Samsung dengan Gandeng LG

Apple Resmi Membuka Apple Visitor Center.
Sumber :
  • REUTERS/Elijah Nouvelage

VIVA – Perusahaan teknologi Amerika Serikat, Apple, dikabarkan bakal menggunakan LG display sebagai pemasok kedua pada panel OLED untuk perangkat iPhone premium terbaru mereka.

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

Sebuah sumber mengatakan, seperti dikutip Korea Times, Sabtu 7 Juli 2018, LG Display digunakan sebagai alternatif pasokan yang akan membantu OLED untuk lebih cepat dan juga memangkas anggaran.

"Awalnya, Apple mendapatkan 3 juta hingga 5 juta layar OLED dari LG Display. LG berencana akan meningkatkan kapasitas produksi mereka," menurut sumber yang dekat dengan Apple dan LG tersebut.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Kabarnya lagi, kesepakatan kedua perusahaan teknologi itu bernilai jutaan dolar AS. Ke depannya, juga ada rencana perluasan kerja sama Apple dan LG dari LCD ke OLED.

Namun, yang menjadi permasalahan adalah produksi LG masih jauh lebih kecil ketimbang Samsung Display. Saat itu kesepakatan Samsung dan Apple untuk iPhone X mencapai 110 juta layar OLED.

Pertamina Jamin Produksi dan Pasokan Energi Periode Mudik Lebaran Aman, Begini Strateginya

Menurut analis senior IHS Markit, Jerry Kang, kualitas layar LG pada V30 juga dikabarkan tak sebagus layar OLED milik Samsung yang terpasang pada setiap produk Galaxy mereka.

"Mengamankan pemasok kedua untuk layar OLED sangat krusial bagi Apple karena memungkinkan perusahaan untuk mengurangi ketergantungan pada Samsung," ujarnya.

Kang mengungkapkan kerja sama tersebut juga akan mempercepat adopsi layar OLED. Lebih banyak pemasok akan memperbanyak produksi dan ke depannya akan membuat harga lebih murah pula.

Rencananya, perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook ini akan meluncurkan perangkat iPhone terbaru pada tahun depan. Selain itu, Apple juga sedang mempersiapkan pengembangan ponsel lipat, di mana produk tersebut juga tengah diincar Samsung. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya