Gempa Lombok, Safety Check Facebook Diaktifkan

Ilustrasi percakapan Messenger Facebook.
Sumber :
  • Instagram/@messenger

VIVA – Jejaring sosial Facebook mengaktifkan fitur "Safety Check" atas peristiwa Gempa Bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sebesar 7 Skala Richter (SR) pada Minggu sore, 5 Agustus 2018.

Gempa Baru Saja Guncang Lombok

Fitur ini bisa digunakan untuk mengirim notifikasi teman dan saudara bahwa kondisi pengguna akun aman dari peristiwa besar yang tengah terjadi.

Apabila pengguna sedang berada di daerah sekitar kejadian, maka sistem di Facebook secara otomatis akan mengirimkan notifikasi ke perangkat mobile.

Gempa Bumi Mengguncang Lombok

Facebook mengirimkan notifikasi Safety Check, karena melihat beberapa aspek. Pertama kota yang dicantumkan, kedua lokasi terakhir jika pengguna memberikan akses Facebook kepada perangkat yang digunakan, ketiga, sinyal lain yang menunjukkan lokasi pengguna, contohnya kota tempat user menggunakan internet.

Selain itu, untuk memastikan bahwa pengguna akun dalam kondisi aman dan tidak menjadi korban, cukup memilih pilihan "I'm Safe" atau "Doesn't apply to me".

Aktor Hollywood Jack Black Galang Dana untuk Bangun Sekolah di Lombok

Fitur Safety Check sejatinya dikembangkan sebagai sistem informasi pascabencana yang telah dirilis pada 2014. Selain bencana alam seperti banjir dan gempa Bumi, fitur ini juga kerap diaktifkan ketika terjadi darurat seperti adanya pengeboman.

Gempa Bumi Lombok ini juga membuat kaget wisatawan di Bali. Berdasarkan data terakhir, sejak Minggu, 5 Agustus hingga Senin, 6 Agustus 2018, menunjukkan 82 korban tewas dan ribuan warga mengungsi.

Warga mengangkat sepeda dari reruntuhan rumah yang rusak akibat gempa bumi di Lombok Barat, NTB, 2018 lalu.

Pemerintah Cairkan Jaminan Hidup Korban Gempa NTB Rp89,36 Miliar

Jaminan hidup tahap II untuk korban gempa NTB senilai Rp89,36 miliar akan disalurkan pada akhir bulan November 2020.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2020