Ponsel Seri Qin Bukan Buatan Xiaomi

Ponsel Qin 1 dan Qin 1S.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Xiaomi menegaskan bahwa Qin 1 dan Qin 1S bukanlah ponsel buatan mereka. Kedua ponsel tersebut diproduksi oleh Shenzhen Duoqin Technology Co., Ltd., dan saat ini ditawarkan di platform crowdfunding atau penggalangan dana.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

"Crowdfunding ini terbuka untuk banyak merek pihak ketiga di luar Xiaomi di China. Jadi kami tegaskan di sini, Qin 1 dan Qin 1S bukan bagian dari lineup perangkat seluler Xiaomi," demikian keterangan resmi Xiaomi kepada VIVA, Rabu, 8 Agustus 2018.

Meski begitu, Qin 1 dan Qin 1S menggunakan asisten virtual Xiao Ai milik Xiaomi untuk interaksi cerdasnya. Kedua perangkat ini juga dilengkapi kemampuan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan sudah mendukung jaringan 4G.

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Nama Qin diambil dari Dinasti China yang terkenal.

Sebelumnya diberitakan bahwa raksasa teknologi China itu mengambil langkah mengejutkan dengan mengumumkan seri fiturphone yang diberi nama Qin. Padahal Qin sama sekali bukan produk yang dikembangkan Xiaomi.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Mengutip GSMArena, Qin 1 adalah ponsel yang lebih simpel dengan chipset MediaTek MT6260A satu inti CPU ARM7, RAM 8MB dan penyimpanan internal atau ROM 16MB.

Selain itu, Qin 1 tidak memiliki GPS atau LTE, tetapi memiliki kemampuan wifi dan Bluetooth 4.2. Sistem operasi yang digunakannya diberi nama Nucleus, dan baterai bisa bertahan 15 hari dengan kapasitas 1.480 mAh.

Sedangkan, ponsel Qin 1s menggunakan chipset Spreadtrum SC9820 dengan dual-core Cortex-A53 dengan clock 1,2 GHz, RAM 256MB dan ROM 512MB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya