Xiaomi Getol Jualan Ponsel Premium, Mau 'Tendang' Apple dan Samsung

Xiaomi Redmi Note 5 Pro.
Sumber :
  • Android Central

VIVA – Produsen smartphone China, Xiaomi, ingin mendongkel posisi Apple dan Samsung di pasar ponsel pintar premium di India. Saat ini Apple dan Samsung bersama OnePlus masih mendominasi pasar smartphone mahal di negeri Bollywood.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Pengiriman smartphone global pada kuartal I 2018 berkisar antara 1-1,5 juta unit. Apple, Samsung dan OnePlus berkontribusi hingga 88 persen untuk kategori ponsel premium. Sedangkan, pada kuartal IV 2017, kontribusinya sebesar 95 persen.

Dikutip dari Economics Times, Kamis, 9 Agustus 2018, Xiaomi baru saja meluncurkan smartphone Android, Xiaomi Mi A2 di India, yang dibanderol seharga 17 ribu rupee atau sekitar Rp3,6 juta. Ponsel pintar akan disebar di India pada 18 Agustus mendatang.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Meski menjual smartphone premium, namun fokus mereka tetap pada penyediaan alat komunikasi dengan harga terjangkau. "Kami ingin memastikan bahwa teknologi tersedia untuk semua orang," kata Vice President and Managing Director Xiaomi India, Manu Jain.

Ia melanjutkan bahwa Xiaomi ingin fokus pada kebutuhan pengguna yang mengingnkan smartphone dengan harga di bawah 20 ribu rupee atau sekitar Rp4,2 juta. "Tapi itu bukan sesuatu yang mutlak. Artinya, tidak menutup kemungkinan kami menjual ponsel dengan harga di atasnya," jelas dia.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

Jain juga mengaku tidak gentar meluncurkan perangkat premium. Apalagi ia mengklaim akan segera meluncurkan ponsel yang harganya di atas harga rata-rata ponsel pada umumnya di India.

Saat Xiaomi masuk ke India, daya beli rata-rata masyarakatnya mengalami kenaikan. Dari awalnya hanya 5.500 rupee, namun kini menjadi sekitar 9 ribu rupee.

Selain Mi A2, Xiaomi juga menjual Mi MiX 2 yang dibandrol sebesar 30 ribu rupee atau sekitar Rp6,3 juta. Adapun Mi A2 dan Redmi Note 5 Pro Varian RAM 6GB adalah perangkat paling premium nomor dua di jajaran Xiaomi, dan menguasai sekitar 10 persen pangsa pasar ponsel premium di India.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya