Samsung Pamer Bixby 2.0, Bisa Reservasi Restoran

Samsung pamer kemampuan Bixby 2.0
Sumber :
  • YouTube/@Samsung

VIVA – Samsung telah mengungkap smartphone terbarunya Samsung Galaxy Note 9 ke publik dalam Unpacked 2018. 

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Salah satu fitur yang menarik dari Galaxy Note 9 yakni asisten virtual Bixby 2.0. Samsung Galaxy Note 9 merupakan smartphone pertama yang telah memiliki Bixby versi terbaru tersebut. 

Dikutip dari laman The Verge, Jumat 10 Agustus 2018, untuk versi terbarunya ini Bixby akan lebih baik dalam mendeteksi sebuah objek berkat peningkatan kecerdasan buatan serta memprediksi kebutuhan pengguna dengan waktu respons yang lebih cepat.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Tidak hanya sekedar memperkenalkan, Samsung juga mendemonstrasikan Bixby terbaru di atas panggung. Mereka ingin menunjukkan percakapan yang alami dengan Bixby. 

Kini asisten itu dapat ditanya mengenai beberapa topik yang berbeda, tanpa harus memberitahu konteksnya di awal percakapan. Fungsi tersebut sama seperti yang ada pada asisten pribadi Amazon, Alex pada awal tahun ini. 

Wanita Hamil Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading, Ponselnya Hilang

Jika pengguna bertanya mengenai rekomendasi restoran baru yang ingin dikunjungi, maka Bixby akan menampilkan restoran yang pernah Anda kunjungi. Kemudian jika Anda menyuruh Bixby untuk membuat reservasi, maka dia akan melakukan jenis reservasi dengan waktu dan jumlah yang sama, berdasarkan pengalaman yang lalu. 

Pada Bixby versi terbaru ini, pengguna bisa manfaatkan asisten milik Samsung tersebut untuk meluncur ke acara terdekat menggunakan Uber maupun untuk menghubungi Uber. 

Demo Bixby di atas panggung tidak berjalan dengan lancar. Jika sebelumnya Samsung klaim Bixby 2.0 bisa merespons lebih cepat.

Bixby 2.0 pertama kali diumumkan pada Oktober 2017, dalam acara konferensi pengembang di San Fransisco, Amerika Serikat. Samsung mengatakan asisten terbarunya itu akan menjadi pusat kendali semua perangkat meliputi ponsel, televisi, dan speaker.

Bixby turut hadir dalam meramaikan pasar asisten digital yang sebelumnya sudah dimiliki beberapa vendor teknologi. Seperti Siri milik Apple, Asisten Google, Alexa milik Amazon, dan Cortana, yang ada di setiap PC Windows dan ponsel. Asisten Samsung itu pertama kali muncul di Samsung Galaxy 8, namun Bixby disebut tidak begitu memberi manfaat, sehingga Samsung terpaksa menarik tombol Bixby baru-baru ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya