XL Axiata Resmi Uji Coba Teknologi 5G dan WiGig, Ini Keunggulannya

Menara BTS milik XL Axiata.
Sumber :
  • Dok.XL

VIVA – Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk resmi melakukan uji coba jaringan 5G dan Wireless Gigabit atau WiGig di kawasan Kota Tua, Jakarta Utara pada Senin, 20 Agustus 2018. Uji coba digelar atas kerja sama XL Axiata, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Direktur Utama XL Axiata, Dian Siswarini mengklaim, melalui 5G, maka kecepatan internet bisa mencapai 20Gbps. Menurutnya, jaringan 5G yang diuji coba ini dimaksudkan untuk mendukung penerapan Kota Pintar atau Smart City DKI Jakarta guna memberi solusi terhadap permasalahan pengelolaan perkotaan.

"Teknologi 5G akan menjadi jawaban atas kebutuhan terhadap ketersediaan infrastruktur layanan data yang berkualitas hingga ke pelosok-pelosok daerah, yang selama ini masih cukup membebani operator untuk bisa cepat membangun," kata Dian.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Secara umum, uji coba penerapan teknologi 5G XL Axiata menggunakan frekuensi khusus 28Ghz, dan perangkat end-to-end radio dan core yang terhubung ke perangkat pengguna. Sementara itu, WiGig menggunakan frekuensi 60Ghz dengan end-to-end system yang terhubung ke perangkat home unit.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya menuturkan, teknologi 5G juga mampu memberikan koneksi yang lebih mudah kepada siapa saja, baik individu maupun industri.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Ia menjelaskan, biaya operasional yang ditanggung operator telekomunikasi bisa lebih efisien bila memakai teknologi tersebut.

"Kami menguji coba 5G melalui beberapa demo seperti pengelolaan sampah, sistem pengelolaan kebersihan sungai, pengelolaan taman dan penggunaan perangkat virtual reality untuk wisata," jelas Yessie.

Selain teknologi 5G, ia melanjutkan, XL Axiata juga melakukan uji coba WiGig. Pengujian teknologi jaringan internet nirkabel ini dilakukan pada sistem pemantauan kondisi lingkungan perkotaan menggunakan CCTV.

Teknologi WiGig, yang merupakan hasil kerja sama dengan Facebook dan Nokia, akan mampu menopang pengiriman data dalam format video yang berkapasitas besar secara cepat dan dalam kualitas gambar yang baik. Yessie mengaku kecepatan internet WiGig bisa mencapai 1Gbps.

Layanan ini bisa dinikmati oleh pengunjung Kota Tua secara gratis hingga Desember 2019. "Uji coba WiGig di Jakarta ini merupakan yang kedua di dunia setelah sebelumnya teknologi milik Facebook ini diujicobakan di San Francisco, Amerika Serikat," tegas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya