T-Perpus, Aplikasi Perpustakaan Digital Besutan Telkomsel

Peluncuran aplikasi T-Perpus
Sumber :

VIVA – Telkomsel merilis aplikasi perpustakaan digital bernama T-Perpus. Platform ini hasil kerja sama dengan General Digital Nusantara. 

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

"Karena dunia menuntut punya wawasan global. Tidak hanya memiliki bacaan yang baik. Ide munculkan T-Perpus diluncurkan," ujar Director of Human Capital Management Telkomsel, Irfan Tachir, di Jakarta, Senin 20 Agustus 2018. 

T-Perpus menjadi program dari CSR Telkomsel untuk mendukung edukasi masyarakat Indonesia, khususnya yang jauh dari perpustakaan fisik

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Chief Operating Officer Gramedia Digital Nusantara Adi Ekatama menyatakan hal yang sama, aplikasi ini mampu memberi manfaat bagi orang banyak. "Tujuan utama untuk menjadi akselerator dari kemajuan bangsa ini," katanya. 

Aplikasi T-Perpus memiliki format seperti perpustakaan peminjam buku. Di dalamnya telah tersedia 3.000an konten dengan 69 kategori. 

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Aplikasi ini khusus bagi pelanggan Telkomsel. Untuk mengaksesnya, hanya perlu membayar Rp5.000, sebagai biaya registrasi di awal. Setelah itu, bebas meminjam buku apa pun.

"Boleh dibilang nanti low cost library. Bermodalkan handphone orang bisa mengakses itu," kata Irfan. 

Seperti diketahui, minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah. Faktor yang menyebabkannya bukan hanya motivasi dan rasa ingin tahu yang minim, namun juga persoalan biaya untuk mengakses buku.

Seperti dikatakan Managing Director Gramedia Digital Nusantara, Kelvin Wijaya, saat pihaknya menggelar diskon untuk buku, banyak orang yang datang untuk membeli. Harapannya dengan perpustakaan digital bisa membuat buku-bukunya lebih terjangkau lagi.

"Gimana caranya membuat buku lebih bisa diakses ke seluruh Indonesia. Bahwa format digital lebih murah," ujar Kelvin. 

Aplikasi ini sudah bisa diunduh dan digunakan pada iOS dan Android. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya