Sama-sama Snapdragon 845, Pilih Xiaomi Pocophone F1 atau Galaxy Note 9

Xiaomi Pocophone 1 dan Samsung Galaxy Note 9
Sumber :

VIVA – Pocophone F1 atau Poco F1 besutan Xiaomi sudah resmi melantai di pasar India. Konsumen global, termasuk di Indonesia, harus bersabar sampai 27 Agustus nanti untuk mencicipi atau melihat secara langsung penampakan ponsel kelas menengah itu.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Meski begitu, kehadiran Poco F1 seolah begitu dinanti-nantikan oleh publik Tanah Air, apalagi perangkat ini memiliki spesifikasi yang begitu menggoda. Salah satunya, RAM 8GB dan penyimpanan sampai 265GB, membuat kekuatan Poco F1 untuk bermain gim tak perlu diragukan.

"Otak"-nya mengandalkan Snapdragon 845, sama seperti yang digunakan Samsung untuk Galaxy Note 9. Dari sisi dapur pacu tersebut, sebagian kalangan membandingkan Poco F1 dengan Galaxy Note 9 yang belum lama ini lebih dulu meluncur.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Meski sama-sama mengusung Snapdragon 845, Poco F1 dan Galaxy Note 9 memiliki perbedaan yang cukup sigfinikan. Salah satu yang paling terlihat tentu saja dari aspek pena digital S Pen. Pada Galaxy Note 9, S Pen tak hanya berguna untuk menulis di atas layar, tapi juga memiliki peran multifungsi, mulai dari membuka dan mengunci ponsel, menjajal aplikasi, serta mendukung kerja komputasi.

Bagi Anda yang kerap berurusan dengan presentasi, S Pen pada Galaxy Note 9 bisa jadi akan sangat terpakai. S Pen juga dilengkapi bluetooth, antidebu, antiair, dengan sertifikasi IP68. 

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Diskon Hingga Rp 800 Ribu, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Perbedaan lain yang tak kalah mencolok, yaitu pada kapasitas penyimpanan. Samsung Galaxy Note 9 dilengkapi dengan expandable storage mencapai 512GB. Kelebihan ini pula yang membuat Samsung memberanikan diri mengusung tagline 'buang sedikit, simpan lebih banyak'.

Sementara itu, kekuatan Poco F1 juga layak diperhitungkan. Kamera utamanya sebanyak dua buah, masing-masing 12 MP dan 5 MP. Sedangkan Galaxy Note 9, selisih lebih unggul dengan kamera ganda 12 MP + 12 MP, yang memungkinkan untuk pengambilan gambar angle luas dan telefoto.

Daya baterai Galaxy Note 9 dan Poco F1 sama, yaitu 4000 mAh. Untuk resolusi, Poco F1 tidak lebih rapat ketimbang Galaxy Note. Masing-masing 1080x2160 pixels untuk Poco F1 dan 1440x2960 pixels.

Deretan selisih mutu tersebut bisa dibilang tak mengherankan. Sebab keduanya memiliki rentang jarak harga yang cukup jauh. Galaxy Note dipasarkan dengan banderol Rp13,5 juta (128 GB) dan Rp18 juta (512 GB). Sedangkan Poco F1 dapat dipinang dengan harga Rp4,4 juta. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya