Apple Enggak Akan Pasang Fitur Ini di iPhone pada 2019

Menikmati Fasilitas Face ID di iPhone X.
Sumber :
  • REUTERS/Lucas Jackson

VIVA – Raksasa teknologi Amerika Serikat, Apple, membantah akan mengadopsi fitur sidik jari atau fingerprint pada layar yang akan diproduksi (in-display) iPhone. Apple menghapus tombol Home lalu menggantinya dengan fitur pengenalan wajah atau Face ID.

Apakah Passkey Aman dari Hacker?

Namun, mengutip situs Ubergizmo, Kamis, 6 September 2018, ada beberapa Apple fanboy atau pencinta produk-produk iPhone yang masih berharap kalau fitur tersebut akan membuat iPhone menjadi smartphone masa depan. Namun, hal itu tidak akan terjadi.

Analis Ming-Chi Kuo mengatakan, Apple memprioritaskan fitur keamanan utama pada iPhone dan perangkat lainnya dengan Face ID daripada fingerprint pada tahun depan.

HP China Sejutaan Itel S23 Punya ROM Besar dan Ada Face ID

"Yang menarik adalah bahwa alih-alih mencoba mengadopsi fitur ini, OEM Unlock di Android mencoba mengadopsi sensor in-display ini sebagai cara untuk membedakan diri dengan Apple," kata dia.

Sejauh ini, Chi Kuo melihat bagaimana beberapa OEM Android telah mengadopsi sensor in-display, seperti smartphone Vivo yang diklaim yang pertama. Hal itu ditunjukkan pada awal tahun ini pada acara Consumer Electronics Show (CES) 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Metode Penguncian Paling Aman untuk Android

Apa yang dipamerkan Vivo di ajang tersebut memang cukup mengejutkan. Hal ini terutama terkait dengan tren desain smartphone masa kini yang mengusung konsep full display, sebagai konsep yang mengusung rasio screen-to-body selebar-lebarnya.

Vivo yang mengusung sensor sidik jari pada layar memanfaatkan teknologi sensor bernama FS9500 alias Clear ID dari Synaptics Incorporated, perusahaan yang fokus pada pengembangan dan penciptaan teknologi human interface

Berdasarkan hasil pengujian sensor sidik jari pada Vivo maka OEM Android berfungsi sama baiknya dengan yang biasa, meskipun hanya sedikit lebih lambat dari yang ditawarkan sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya