Hasil Uji, Huawei P20 Pro Smartphone dengan Kamera Terbaik

Huawei memperkenalkan P20 Pro di Indonesia.
Sumber :
  • Dokumen Huawei

VIVA – Bicara performa kamera pada smartphone, siapa yang paling terbaik? Menurut pengukuran platform pemeringkat kualitas gambar untuk berbagai perangkat, DxOMark, hasil pengukuran menunjukkan kamera smartphone terbaik yakni Huawei P20 Pro. 

Huawei Y7 Pro, Ponsel Murah dengan 'Rasa' Premium

Menurut hasil uji benchmark kualitas kamera DxOMark, kamera Samsung Galaxy Note 9 masih kalah dengan Huawei P20 Pro. Hasil pengujian platform tersebut menunjukkan, skor kamera Huawei P20 Pro yakni 109 poin, unggul 6 poin dari Samsung Galaxy Note 9 dan HTC U12+ di peringkat kedua dengan 103 poin. 

Dikutip dari Android Authority, Kamis 13 September 2018, DxOMark memang pernah disewa oleh perusahaan perangkat mobile, untuk menguji sistem kamera mereka. Kekurangan sistem kamera yang dihasilkan tes DxOMark akan menjadi bahan masukan dan perbaikan bagi perusahaan. 

Akan Segera Dirilis, Nokia 9 PureView Lebih Murah dari Galaxy Note 9

DxOMark juga mengakui hasil dari uji kamera memang bisa dipengaruhi oleh perusahaan yang membayar mereka. 

DxOMark menguji beberapa hal sistem kamera, di antaranya eksposure, kontras, akurasi warna, autofocus, tekstur, noise, artifact dan lainnya. 

Huawei P20 dan P20 Pro Sudah Langka di Pasar Indonesia, Kok Bisa?

Dalam proses pengujian kamera, DxOMark mengakui pada awalnya Samsung Galaxy Note 9 bisa menghasilkan skor yang lebih tinggi yakni 107 poin, namun masih kalah beberapa poin dengan Huawei P20 Pro.

Hasil sampel foto Huawei P20 Pro

Hasil sampel foto Samsung Galaxy Note 9

Laman ini menuliskan, fitur-fitur seperti dynamic range dalam kondisi paling terang, zoom kamera tetap menjaga kualitas gambar sampai 4 kali, akurasi warna juga sempurna. Fitur bokeh smartphone Samsung ini juga mendapat pujian karena sangat realistik.

Tapi minusnya, DxOMark menemukan, sesekali kamera Galaxy Note 9 eksposurenya tak akurat, gambar cenderung tak selalu tajam dan detail halus gambar hilang saat pengambilan di lokasi terang dan gelap. 

Hasil uji performa video dari platform tersebut menunjukkan pola yang mirip dengan uji foto. DxOMark mengatakan skor performa video Samsung Galaxy Note 9 yakni 94 poin. 

Keunggulan uji performa video pada Samsung Galaxy Note 9 yakni peningkatan autofocus dan pelacakan, pencahayaan diperbaharui dengan baik saat ada perubahan pencahayaan, stabilisasi gambar saat bergerak. Minusnya yakni hilangnya detail, intensitas warna dan pencahayaan dalam situasi cahaya rendah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya